SABRIANYSA, OCTAVIA (2021) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS XII JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 6 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7173342037 COVER.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
2. NIM 7173342037 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (670kB) | Preview
3. NIM 7173342037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
4. NIM 7173342037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
5. NIM 7173342037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
6. NIM 7173342037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
7. NIM 7173342037 TABLES.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
8. NIM 7173342037 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM 7173342037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
13. NIM 7173342037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 7173342037 BILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya Prestasi Belajar akuntansi keuangan siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 6 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan siswa kelas XII Jurusan Akuntansi SMK Negeri 6 Medan.
Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 6 Medan yang beralamat di Jalan Jambi No. 23D, Pandau Hilir, Kec. Medan Kota. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Akuntansi sebanyak 100 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 80 siswa, dimana pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling dengan teknik acak. Pengumpulan dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan penyebaran angket. Uji validitas dengan menggunakan teknik analisis product moment dan reliabilitas angket menggunakan rumus Alpha Croanbanch.
Hasil pengujian dari hipotesis pertama diperoleh nilai thitung untuk kecerdasan emosional sebesar 4,545 dan nilai ttabel 1,99125 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil hipotesis kedua diperoleh nilai thitung untuk disiplin belajar sebesar 8,033 dan nilai ttabel 1,99125 maka H0 ditolak dan H2 diterima. Dan hasil uji F diperoleh Fhitung sebesar 339.139 dan Ftabel 3,11 sehingga H0 ditolak dan H3 diterima. Kemudian hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 89,5%
Dengan demikian dapat disimpulkan : (1) kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan; (2) disiplin belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan; (3) secara simultan, kecerdasan emosional dan disiplin belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kecerdasan Emosional, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 01:04 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 01:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44245 |