Siregar, Febrina Katarina (2021) Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Swasta Pelita Pematangsiantar. Masters thesis, UNIMED.
1. 8176166006 COVER.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
2. 8176166006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
3. 8176166006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
4. 8176166006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
5. 8176166006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
6. 8176166006 TABLES.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
7. 8176166006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
8. 8176166006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
12. 8176166006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
13. 8176166006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
Abstract
Dalam menanggulangi penyebaran virus covid-19 yang sudah menjadi wabah pandemi hampir di seluruh belahan dunia, maka pendidikan melakukan banyak pembaharuan dalam sektor belajar mengajar yang diantaranya melakukan pembelajaran melalui sistem elektronik atau yang biasa kita sebut dengan istilah daring (dalam jaringan). Guna mendukung pembelajaran ini banyak satuan pendidikan yang menggunakan media berbasis e-learning. Guru dapat menerapkan pembelajaran menggunakan media e-learning yang telah dikembangkan untuk menunjang proses belajar selama pandemi Covid-19 ini. Beberapa dari aplikasi tersebut yaitu Google Classroom dan Google Meet. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran berbasis e-learning dengan aplikasi Google Classroom lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan aplikasi Google Meet; 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan motivasi belajar tinggi yang diajarkan menggunakan aplikasi Google Classroom lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan motivasi belajar tinggi yang diajarkan dengan menggunakan aplikasi Google Meet; 3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan motivasi belajar rendah yang diajarkan menggunakan aplikasi Google Classroom lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan motivasi rendah yang diajarkan dengan menggunakan aplikasi Google Meet; 4) untuk mengetahui terdapat interaksi antara pembelajaran berbasis e-learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 dan X IPS 2 SMA Swasta Pelita Pematangsiantar tahun pelajaran 2020/2021 yang masing- masing terdiri dari 30 siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen, yaitu merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui akibat dari” sesuatu” yang dikenakan pada “subyek” yaitu siswa kelas XI IPS SMA Swasta Pelita Pematangsiantar. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa :1) Hasil belajar ekonomi siswa yang diajarkan dengan menggunakan Google Classroom lebih tinggi daripada hasil belajar ekonomi siswa dengan motivasi belajar tinggi yang diajarkan menggunakan Google Meet; 2) hasil belajar siswa dengan motivasi belajar tinggi yang diajarkan menggunakan aplikasi Google Classroom lebih tinggi daripada hasil belajar yang dengan motivasi belajar tinggi yang diajarkan dengan menggunakan aplikasi Google Meet; 3)Hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki motivasi belajar rendah lebih tinggi daripada hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki motivasi belajar rendah; 4) Terdapat interaksi antara media pembelajaran E-learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 330.072 Sir p |
Keywords: | E-learning; Motivasi Belajar; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 Dec 2021 09:47 |
Last Modified: | 30 Dec 2021 07:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44158 |