Ginting, Seranova (2021) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI MUTASI DI KELAS XII MIA SMA NEGERI 3 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173341066 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 4173341066 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
3. NIM. 4173341066 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (670kB) | Preview
4. NIM. 4173341066 PREFASE.pdf - Published Version
Download (667kB) | Preview
5. NIM. 4173341066 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (872kB) | Preview
9. NIM. 4173341066 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
13. NIM. 4173341066 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
14. NIM. 4173341066 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase miskonsepsi siswa pada materi mutasi, indikator yang mengalami miskonsepsi, hasil peta konsep siswa faktor penyebab miskonsepsi siswa dan hubungan kolerasi antara peta konsep dan pilihan ganda di SMA Negeri 3 Binjai Tahun Pembelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MIA SMA Negeri 3 Binjai yang telah mempelajari materi pokok mutasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara total sampling dengan jumlah 128 siswa yang berasal dari 4 kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berupa peta konsep, pilihan ganda dengan tingkat keyakinan CRI (Certanty of Response Index) dan wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa jumlah rata-rata miskonsepsi siswa pada materi mutasi di kelas XII MIA SMA Negeri 3 Binjai Tahun Pembelajaran 2020/2021 sebanyak 16,11% dikategorikan sebagai sedikit dari jumlah respon yang mengalami miskonsepsi. Berdasarkan indikator materi mutasi, miskonsepsi yang paling besar terdapat pada indikator mendeskripsikan macam-macam mutasi (35,89%). Hasil rata-rata nilai peta konsep siswa dalam mempelajari materi mutasi sebesar (74,6%), termasuk kategori persentase tinggi. Faktor penyebab miskonsepsi ditemukan pada siswa dan juga konteks. Hubungan kolerasi antara tes peta konsep dengan pilihan berganda yaitu -0,01.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 BIO 212 |
Keywords: | Miskonsepsi; Mutasi; Certanty of response index |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 08 Dec 2021 07:55 |
Last Modified: | 08 Dec 2021 07:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44009 |