ANALISIS KEMAMPUAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI PADA MATERI PROTOZOA DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Sari, Putri Iman (2021) ANALISIS KEMAMPUAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI PADA MATERI PROTOZOA DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4171141034 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4171141034 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4171141034 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4171141034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4171141034 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4171141034 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4171141034 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4171141034 PREFACE.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4171141034 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4171141034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4171141034 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4171141034 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4171141034 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4171141034 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4171141034 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4171141034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran keterampilan proses sains mahasiswa dan pelaksanaan keterampilan proses sains pada pembelajaran protozoa serta mengetahui sikap ilmiah mahasiswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Mei 2021 di Prodi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Medan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kombinasi dengan menggunakan tes dan angket sebagai instrumen penelitian. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 44 mahasiswa yang berasal dari 2 kelas yaitu kelas Pendidikan Biologi D dan E. Pemilihan sampel dilakukan secara random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran kemampuan keterampilan proses sains dan gambaran pelaksanaan pembelajaran keterampilan proses sains pada masing-masing aspek ialah interpretasi (84,92%) dengan kategori sangat baik, klasifikasi (80,65%) dengan kategori baik, merencanakan percobaan (73,82%) dengan kategori baik, mengamati (73,15%) dengan kategori baik, mengajukan pertanyaan (69,85%) dengan kategori baik, menggunakan alat/bahan (61,61%) dengan kategori baik, mengkomunikasikan (60,20%) dengan kategori cukup, prediksi (51,38%) dengan kategori cukup. Hasil penelitian sikap ilmiah mahasiswa pada masing-masing aspek ialah kerja sama (85,7%) dengan kategori sangat baik, ketekunan (78%) dengan kategori baik, berpikir kritis (77,8%) dengan kategori baik, ingin tahu (70,8%) dengan kategori baik, respek terhadap fakta (61,3%) dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 BIO 183
Keywords: Keterampilan proses sains; Sikap ilmiah; Protozoa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 08 Dec 2021 03:11
Last Modified: 08 Dec 2021 03:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44006

Actions (login required)

View Item
View Item