Sari, Putri Iman (2021) ANALISIS KEMAMPUAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI PADA MATERI PROTOZOA DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4171141034 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 4171141034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
3. NIM. 4171141034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM. 4171141034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 4171141034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
9. NIM. 4171141034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
13. NIM. 4171141034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
14. NIM. 4171141034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran keterampilan proses sains mahasiswa dan pelaksanaan keterampilan proses sains pada pembelajaran protozoa serta mengetahui sikap ilmiah mahasiswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Mei 2021 di Prodi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Medan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kombinasi dengan menggunakan tes dan angket sebagai instrumen penelitian. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 44 mahasiswa yang berasal dari 2 kelas yaitu kelas Pendidikan Biologi D dan E. Pemilihan sampel dilakukan secara random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran kemampuan keterampilan proses sains dan gambaran pelaksanaan pembelajaran keterampilan proses sains pada masing-masing aspek ialah interpretasi (84,92%) dengan kategori sangat baik, klasifikasi (80,65%) dengan kategori baik, merencanakan percobaan (73,82%) dengan kategori baik, mengamati (73,15%) dengan kategori baik, mengajukan pertanyaan (69,85%) dengan kategori baik, menggunakan alat/bahan (61,61%) dengan kategori baik, mengkomunikasikan (60,20%) dengan kategori cukup, prediksi (51,38%) dengan kategori cukup. Hasil penelitian sikap ilmiah mahasiswa pada masing-masing aspek ialah kerja sama (85,7%) dengan kategori sangat baik, ketekunan (78%) dengan kategori baik, berpikir kritis (77,8%) dengan kategori baik, ingin tahu (70,8%) dengan kategori baik, respek terhadap fakta (61,3%) dengan kategori baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 BIO 183 |
Keywords: | Keterampilan proses sains; Sikap ilmiah; Protozoa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QL Zoology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 08 Dec 2021 03:11 |
Last Modified: | 08 Dec 2021 03:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44006 |