Margaretha, Missy Friska (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 BERASTAGI TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173341042 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM 4173341042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
3. NIM 4173341042 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. NIM 4173341042 PREFACE.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5. NIM 4173341042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
9. NIM 4173341042 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
13. NIM 4173341042 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
14. NIM 4173341042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dalam mempelajari materi sistem ekskresi dari aspek kognitif, indikator pembelajaran serta mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Berastagi Tahun Pembelajaran 2020/2021. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan sampel penelitian diambil secara Proportional Random Sampling yang berjumlah 80 siswa. Data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan angket kesulitan belajar. Persentase kesulitan belajar siswa pada aspek kognitif untuk C1 sebesar 35% (rendah), C2 sebesar 49,37% (sedang), C3 sebesar 47,14% (sedang), C4 sebesar 61% (tinggi), C5 sebesar 61,87% (tinggi), dan C6 sebesar 81,67% (sangat tinggi). Selanjutnya persentase kesulitan belajar siswa pada indikator pembelajaran 1 sebesar 52,5%, indikator pembelajaran 2 sebesar 58,57%, indikator pembelajaran 3 sebesar 47,18%, indikator pembelajaran 4 sebesar 42,5%, indikator pembelajaran 5 sebesar 72,5%, indikator pembelajaran 6 sebesar 56,25%, indikator pembelajaran 7 sebesar 65,13% dan indikator pembelajaran 8 sebesar 48,75%. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa ditinjau dari aspek internal maupun eksternal. Faktor internal meliputi: kesehatan siswa (tinggi), perhatian siswa (tinggi), inteligensi (sedang), minat (tinggi), motivasi (sangat tinggi). Sedangkan aspek eksternal meliputi: metode mengajar guru (tinggi), standar pelajaran (tinggi), materi pelajaran (tinggi), serta orang tua dan suasana rumah (tinggi).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 BIO 162 |
Keywords: | Kesulitan belajar; Sistem ekskresi; Aspek kognitif; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 08:14 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 08:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43984 |