Hidayanti, Khairul (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA N 1 BUNTU PANE. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4161141031 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 4161141031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
3. NIM. 4161141031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4. NIM. 4161141031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
5. NIM 4161141031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
9. NIM. 4161141031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
13. NIM. 4161141031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
14. NIM. 4161141031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
Abstract
Latar belakang penelitian adalah isi LKPD masih berupa ringkasan materi dan latihan soal seperti essai dan pilihan berganda, LKPD yang tidak berwarna, komponen utama LKPD tidak lengkap dan LKPD tidak sesuai dengan kondisi lingkungan sekitar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kondisi kurikulum yang digunakan, untuk mengetahui kriteria format yang menarik untuk LKPD, untuk mengetahui tingkat kelayakan LKPD menurut ahli materi, untuk mengetahui tingkat kelayakan LKPD menurut ahli pembelajaran, untuk mengetahui respon guru terhadap LKPD, untuk mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD dan untuk mengetahui efektivitas LKPD. Model penelitian pengembangan menggunakan model 4-D. Populasi penelitian terdiri dari 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan test. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolahSMA N 1 Buntu Pane menggunakan kurikulum 2013 dengan kondisi sistem pembelajaran berpusat pada siswa, pemilihan format LKPD berupa ukuran kertas A4, jenis huruf times new roman dengan ukuran 12 pt dan 16 pt untuk judul serta mencetak gambar dengan warna, dari angket ahli materi menunjukkan bahwa LKPD dikategorikan sangat layak (90%), dari angket ahli strategi pembelajaran menunjukkan bahwa LKPD dikategorikan sangat layak (85%), berdasarkan respon guru biologi menunjukkan bahwa LKPD dikategorikan sangat baik (95%), berdasarkan respon peserta didik menunjukkan bahwa LKPD dikategorikan layak (97%) dan efektivitas lembar kerja peserta didik termasuk kategori sedang dengan nilai skor rata-rata N-Gain 0,5260. Kesimpulan dari penelitian adalah bahan ajar LKPD sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dan terdapat peningkatan hasil belajar bagi siswa yang menggunakan bahan ajar LKPD pada materi pencemaran lingkungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 BIO 249 |
Keywords: | Lembar kerja peserta didik; Discovery learning; Pencemaran lingkungan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 03 Dec 2021 09:42 |
Last Modified: | 03 Dec 2021 09:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43980 |