ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 TANJUNGMORAWA T.P. 2020/2021

Simbolon, Ayu Utami (2021) ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 TANJUNGMORAWA T.P. 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4173341008 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4173341008 COVER.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4173341008 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4173341008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4173341008 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4173341008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4173341008 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4173341008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4173341008 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4173341008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4173341008  CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4173341008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4173341008 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4173341008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4173341008 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4173341008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kesulitan yang menyebabkan kesulitan belajar siswa saat pembelajaran daring pada mata pelajaran biologi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Tanjungmorawa. Sampel penelitian diambil secara simple random sampling sebanyak 70 siswa. Instrumen penelitian adalah angket yang bersifat tertutup dengan jumlah angket sebanyak 41 butir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya faktor kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran daring, seperti faktor konsep diri atau kesiapan diri 61,17% yang berarti memiliki tingkat kesulitan cukup menghambat. Faktor kesehatan 59,82% yang berarti memiliki tingkat kesulitan cukup menghambat. Faktor inteligensi 65,53% yang berarti memiliki tingkat kesulitan menghambat. Faktor pendidik (guru) 63,92% yang berarti memiliki tingkat kesulitan menghambat. Faktor fasilitas 60,29% yang berarti memiliki tingkat kesulitan cukup menghambat. Faktor keluarga 62% yang berarti memiliki tingkat kesulitan cukup menghambat, dan faktor kegiatan lain 60,71% yang berarti memiliki tingkat kesulitan cukup menghambat. Berdasarkan hasil analisis angket yang dilakukan, didapatkan bahwa faktor yang paling mempengaruhi tingkat kesulitan belajar siswa adalah faktor inteligensi sebesar 65,53% yang tergolong kriteria menghambat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 BIO 167
Keywords: Kesulitan belajar; Pembelajaran daring; Metode pembelajaran; Hasil belajar; Pelajaran biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Nov 2021 07:20
Last Modified: 30 Nov 2021 07:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43961

Actions (login required)

View Item
View Item