Simbolon, Ayu Utami (2021) ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 TANJUNGMORAWA T.P. 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173341008 COVER.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
2. NIM 4173341008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
3. NIM 4173341008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
4. NIM 4173341008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
5. NIM 4173341008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
9. NIM 4173341008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
13. NIM 4173341008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
14. NIM 4173341008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kesulitan yang menyebabkan kesulitan belajar siswa saat pembelajaran daring pada mata pelajaran biologi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Tanjungmorawa. Sampel penelitian diambil secara simple random sampling sebanyak 70 siswa. Instrumen penelitian adalah angket yang bersifat tertutup dengan jumlah angket sebanyak 41 butir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya faktor kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran daring, seperti faktor konsep diri atau kesiapan diri 61,17% yang berarti memiliki tingkat kesulitan cukup menghambat. Faktor kesehatan 59,82% yang berarti memiliki tingkat kesulitan cukup menghambat. Faktor inteligensi 65,53% yang berarti memiliki tingkat kesulitan menghambat. Faktor pendidik (guru) 63,92% yang berarti memiliki tingkat kesulitan menghambat. Faktor fasilitas 60,29% yang berarti memiliki tingkat kesulitan cukup menghambat. Faktor keluarga 62% yang berarti memiliki tingkat kesulitan cukup menghambat, dan faktor kegiatan lain 60,71% yang berarti memiliki tingkat kesulitan cukup menghambat. Berdasarkan hasil analisis angket yang dilakukan, didapatkan bahwa faktor yang paling mempengaruhi tingkat kesulitan belajar siswa adalah faktor inteligensi sebesar 65,53% yang tergolong kriteria menghambat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 BIO 167 |
Keywords: | Kesulitan belajar; Pembelajaran daring; Metode pembelajaran; Hasil belajar; Pelajaran biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 30 Nov 2021 07:20 |
Last Modified: | 30 Nov 2021 07:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43961 |