Sianturi, Anggriani Supriana (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM SIRKULASI DI KELAS XI MIA SMA N 1 TIGALINGGA T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4163341008 COVER.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
2. NIM. 4163341008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
3. NIM. 4163341008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
4. NIM. 4163341008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
5. NIM. 4163341008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
9. NIM 4163341008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
13. NIM 4163341008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
14. NIM 4163341008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Make a Match (MaM) terhadap hasil belajar pada materi sistem sirkulasi di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Tigalingga T.P 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dimana populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Tigalingga yang berjumlah 130 orang. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah random sampling dimana sampelnya adalah kelas XI MIA 1 yang berjumlah 36 orang. Disain penelitian yang digunakan adalah pretest dan postest. Alat pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes pilihan berganda sebanyak 30 soal. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Make a Match efektif digunakan pada materi sistem sirkulasi. Nilai rata-rata hasil belajar pretest adalah 44,41, dan rata-rata hasil belajar postest adalah 83,61. Model pembelajaran Make a Match dikatakan efektif jika memenuhi kriteria keefektifan yaitu: Tingkat penguasaan siswa, ketuntasan belajar siswa dan ketercapaian indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penguasaan siswa mencapai 83,61 termasuk kategori tinggi, ketuntasan belajar siswa mencapai 91,67% termasuk kategori tuntas, dan ketercapaian indikator mencapai 83,94% termasuk kategori tercapai. Dari hasil perhitungan diketahui bahwa kriteria efektivitas model pembelajaran Make a Match semuanya telah tercapai sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make a Match efektif digunakan pada materi sistem sirkulasi di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Tigalingga T.P 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 BIO 227 |
Keywords: | Sistem sirkulasi; Make a match; Hasil belajar; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 30 Nov 2021 05:25 |
Last Modified: | 30 Nov 2021 05:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43959 |