PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMA/MA

Turnip, Ulih Lestari (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMA/MA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 4153121065 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 4153121065 COVER.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 2. 4153121065 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 4153121065 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[thumbnail of 3. 4153121065 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 4153121065 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 4. 4153121065 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 4153121065 PREFACE.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 5. 4153121065 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 4153121065 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 9. 4153121065 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. 4153121065 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[thumbnail of 13. 4153121065 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. 4153121065 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 14. 4153121065 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. 4153121065 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen tes berbasis higher order thinking skills (HOTS) pada materi suhu dan kalor di SMA/MA yang berkategori layak digunakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal sebagai instructional design (Desain Pembelajaran) dengan pendekatan ADDIE, yang merupakan perpanjangan dari Analysis, Design, Development, Implementation dan Evalution. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI sebanyak 29 Siswa. Hasil dari pengembangan ditinjau dari validitas yang dilakukan oleh 2 validator didapatkan nilai rata rata 91,25% dengan kesimpulan sangat valid. Kemudian untuk uji reliabilitas didapatkan realibiltas soal dalam penelitian ini adalah 0,897 dengan nilai reliabilitas tersebut dapat dikatakan intrumenya reliable. Tingkat kesukaran soal dapat dikatakan memiliki kategori kesukaran sedang berjumlah 14 soal dari 15 soal yang diberikan. Secara keseluruhan faktor pembeda cukup baik di dalam menampilkan pengecoh dari instrumen yang diberikan. Berdasarkan respon siswa dari 10 pertanyaan yang diberikan rata rata siswa memberikan respon positif atau setuju dengan pertanyaan dinyatakan. Berdasarkan hasil analisis uji respon berdasarkan angket tersebut, tingkat kelayakan berdasarkan uji respon adalah 77.58% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 FIS 126
Keywords: Instrumen tes; Kemampuan berpikir; Tes objektif; Berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 26 Nov 2021 03:43
Last Modified: 26 Nov 2021 03:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43936

Actions (login required)

View Item
View Item