Siahaan, Pretty Veronica A. (2021) STUDI PUSTAKA PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4172111037 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 4172111037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
3. NIM 4172111037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
4. NIM 4172111037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
5. NIM 4172111037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
9 NIM 417211103 BAB I.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
13 NIM 4172111037 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14 NIM 4172111037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis hasil penelitian dari sumber literatur tentang pengaruh penggunaan model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika 2) menganalisis hasil penelitian dari sumber literatur tentang pengaruh penggunaan model pembelajaran kontekstual terhadap kepercayaan diri siswa 3) mengetahui kelebihan pembelajaran contextual teaching and learning, 4) untuk mengetahui kelemahan model pembelajaran contextual teaching and learning berdasarkan hasil temuan penelitian. Metode penelitian yang dilakukan adalah studi literature. Subjek penelitian adalah jurnal hasil penelitian sebelumnya baik yang internasional maupun terakreditasi sinta. Subyek dipilih berdasarkan kriteria penelitian sehingga terpilih 10 artikel yang digunakan untuk menganalisis pengaruh CTL terhadap kemampuan pemecahan masalah dan 7 jurnal untuk menganalisis pengaruh CTL terhadap kepercayaan diri. Analisis data menggunakan metode analisis data interaktif Miles & Huberman. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa; 1) model CTL mempengaruhi peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan kategori sedang. 2) Model CTL mempengaruhi peningkatan kepercayaan diri dengan kategori tinggi 3) kelebihan model CTL yaitu membuat pembelajaran menjadi bermakna sehingga lebih mudah dipahami, melatih siswa dalam memecahkan masalah sehari-hari siswa, dan melatih kepercayaan diri siswa menyampaikan ide. 4)Kelemahan model CTL yaitu membutuhkan waktu yang lama, membutuhkan tenaga ekstra dari guru, sulit dilaksanakan dalam kelas yang terbiasa secara konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 MAT 200 |
Keywords: | Studi pustaka; Contextual teaching and learning; Pemecahan masalah; Kepercayaan diri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 25 Nov 2021 05:16 |
Last Modified: | 25 Nov 2021 05:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43924 |