PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK

Munthe, Monica Purwati (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4172111034 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4172111034 COVER.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4172111034 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4172111034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM 4172111034 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3.NIM 4172111034 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (663kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM  4172111034 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4.NIM 4172111034 PREFACE.pdf - Published Version

Download (511kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM. 4172111034 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5.NIM. 4172111034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4172111034 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4172111034 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (654kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM.4172111034 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM.4172111034 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (649kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM.4172111034 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM.4172111034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievment Division (STAD) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada materi Kubus Dan Balok di kelas VIII MTs Amaliyah Sunggal. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian posttest only control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sedangkan variabel terikatnya yaitu kemampuan koneksi matematis siswa, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Amaliyah Sunggal dan yang menjadi sampel penelitiannya yaitu kelas VIII-A Dan VIII-B yyang terpilih secara purposive sampling. Sebelum dilakukan uji hipotesis maka dilakukan uji normalitas terlebih dahulu dan menggunakan uji liliefors dan uji homogenitas dengan uji F. ditemukan bahwa data pada kedua kelas berdistribusi normal dan homogen setelah diberikan perlakukan didapat bahwa nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 50,63 dan rata-rata kelas eksperimen yaitu 70,50.dilakukan uji t untuk menjawab hipotesis penelitian. Dari hasil pengujian didapat bahwa thitung > ttabel . Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa, dimana terdapat perbedaan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu kelas nilai rata-rata kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif STAD lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol dengan model pengajaran langsung dengan nilai effect size 1,41 kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 MAT 244
Keywords: Kemampuan koneksi matematis; Pembelajaran kooperatif; Kubus; Balok; Pengajaran langsung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Nov 2021 09:26
Last Modified: 24 Nov 2021 09:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43921

Actions (login required)

View Item
View Item