Situmorang, Hileri F. (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI GERAK PARABOLA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4172121022 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM 4172121022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
3. NIM 4172121022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4. NIM 4172121022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
5. NIM 4172121022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
9. NIM 4172121022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
13. NIM 4172121022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
14. NIM 4172121022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui hasil uji kelayakan instrumen penilaian kognitif untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi Gerak Parabola. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) model 4-D. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 13 Medan dengan jumlah sebanyak 52 orang siswa. Data penelitian diperoleh berdasarkan uji kelayakan instrumen tes. Hasil validasi isi oleh ahli dengan metode Lawshe diperoleh hasil bahwa instrumen penilaian kognitif layak untuk diujikan. Hasil validasi item dari semua butir soal yang diujikan di dua kelas dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas dari kedua kelas uji coba pengembangan menunjukkan hasil yang reliable dengan koefisien reliabilitasnya adalah 0,88. Hasil analisis tingkat kesukaran dari kedua kelas uji coba diperoleh bahwa 2 butir soal dengan kategori sukar dan 8 butir soal dengan kategori sedang. Dan dari hasil analisis daya beda butir soal pada kelas uji coba pertama terdapat 2 soal dengan kriteria sangat baik, 5 soal dengan kriteria baik, dan 3 soal dengan kriteria cukup. Dan pada kelas uji coba kedua, terdapat 2 soal dengan kriteria baik, 6 soal dengan kriteria cukup, dan 2 soal dengan kriteria buruk. Hasil analisis respon siswa diperoleh instrumen penilaian kogitif layak untuk diujikan. Persentase rata-rata kemampuan pemecahan masalah dari kedua kelas uji coba adalah 52% dengan kriteria cukup baik. Berdasarkan hasil uji kelayakan tersebut dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian kognitif untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi Gerak Parabola telah memenuhi kriteria kelayakan isntrumen yang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 FIS 100 |
Keywords: | Instrumen penilaian; Tes tertulis; Pemecahan masalah; Gerak parabola |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 19 Nov 2021 07:40 |
Last Modified: | 19 Nov 2021 07:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43855 |