Sitanggang, Hotman (2014) EFEK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN MODUL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMA ST. THOMAS 1 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106176012 Cover.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
2. 8106176012 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
3. 8106176012 Abstrak.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
4. 8106176012 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
5. 8106176012 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
6. 8106176012 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
7. 8106176012 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
8. 8106176012 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
9. 8106176012 Bab I.pdf - Published Version
Download (573kB) | Preview
10. 8106176012 Bab V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
11. 8106176012 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada siswa kelas X SMA. Pokok bahasan adalah Vektor. Penelitian ini adalah penelitian Eksperimental semu. Pemilihan sampel adalah secara random, dengan kelas control dari kelas yang berdekatan untuk menghindari bias yang besar.Hasil pemilihan sampel, kelas control adalah siswa kelas X-H, dan kelas Eksperimen adalah kelas X-I, berdasarkan nilai seleksi masuk kelas X-H lebih unggul dari kelas X-I, untuk variable motivasi dibedakan dari pengamatan aktivitas siswa prapenelitian dan saat Penelitian. Siswa motivasi tinggi adalah siswa yang aktif bertanya, aktif menjawab, sedangkan siswa motivasi rendah adalah siswa yang aktivitas belajarnya kurang.Penelitian dirancang menggunakan ANAVA 2x2 faktorial, yaitu Pengaruh pembelajaran kooperatif antara pembelajaran tanpa Modul dengan pembelajaran berbantuan Modul terhadap hasil belajar siswa, dan pengaruh motivasi belajar siswa antara siswa motivasi tinggi dan siswa motivasi rendah.Setelah diberi perlakuan, yaitu: Pre-tes yang sama, Pembelajaran Kooperatif tanpa modul pada kelas Kontrol, pembelajaran Kooperatif berbantuan Modul pada kelas Eksperimen, Post-tes yang sama, mengedarkan angket, mengumpulkan dan mentabulasi data. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan presentase.Hasil analisis data dengan bantuan SPSS 17.0 diperoleh kesimpulan: (1). Ada perbedaan hasil belajar dalam pembelajaran kooperatif tanpa modul terhadap pembelajaran kooperatif berbantuan modul secara signifikan. (2). Ada perbedaan hasil belajar antara siswa motivasi tinggi terhadap hasil belajar siswa motivasi rendah secara signifikan. (3). Ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antar kelompok pembelajaran kooperatif dan antar kelompok motivasi siswa. Semua pengujian dilakukan pada taraf signifikansi α = 0,05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Sit e |
Keywords: | Vektor; Motivasi; Pembelajaran fisika; Pembelajaran kooperatif; Modul belajar; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 20 Apr 2016 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4385 |