Sirait, Ruslan (2014) EFEK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) MENGGUNAKAN MEDIA KARTUN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION (DI) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI GERAK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Masters thesis, UNIMED.
1. 8106176020 Cover.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
2. 8106176020 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
3. 8106176020 Abstrak.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4. 8106176020 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
5. 8106176020 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
6. -8106176020 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7. 8106176020 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
8. 8106176020 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
9. 8106176020 Bab I.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
10. 8106176020 Bab V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
11. 8106176020 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) Untuk mengetahui perbedaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe (TGT) menggunakan media kartun dengan penerapan model (DI) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi Gerak, (2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi dan motivasi rendah pada kedua model pembelajaran tersebut, (3) Untuk mengetahui adanya interaksi antara pembelajaran Kooperatif tipe TGT menggunakan media kartun dan model pembelajaran DI terhadap motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa.Penelitian ini merupakan quasi eksperimen, dengan desain 2 group yaitu pretes dan postes. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Air Batu Satu Atap T.A 2012/2013 sebanyak 3 kelas (90 orang). Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VII-1 sebanyak 30 orang dan kelas VII-2 sebanyak 30 orang. Kelas VII-1 diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (kelas Eksperimen) dan kelas VII-2 diajar dengan model pembelajaran Direct Interaction (kelas Kontrol).Data dianalisis menggunakan SPSS 17 dapat disimpulkan : (1) Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe TGT lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Direct Interaction. (2) siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan motivasi akan memperoleh hasil belajar yang tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model DI dengan motivasi. (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dan model pembelajaran model DI terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 531.110 712 Sir e |
Keywords: | Gerak; Motivasi; Komik; Kartun; Pembelajaran kooperatif; Model pembelajaran; Teams Games Tournament |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 20 Apr 2016 03:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4383 |