Ismayanti, Iffah Khairiyah (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA DENGAN TEKNIK PEER ASSESMENT PADA PRAKTIKUM PENGUKURAN KELAS X IPA MA MADANI TEBUIRENG BINTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4172121023 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 4172121023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
3. NIM. 4172121023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. NIM. 4172121023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
5. NIM. 4172121023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM. 4172121023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
13. NIM. 4172121023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14. NIM. 4172121023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian kinerja dengan teknik peer assessment yang layak untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran praktikum fisika untuk materi Pengukuran di sekolah dan juga untuk mengetahui kevalidan, reliabel dan kepraktisan dari instrumen penilaian yang telah dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA MA Madani Tebuireng Bintan yang berjumlah 28 siswa. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D yang telah dimodifikasi menjadi 3D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket uji validasi aspek substansi, aspek konstruksi dan aspek bahasa, lembar instrumen penilaian kinerja dengan teknik peer assessment serta angket respon siswa dan guru. Berdasarkan hasil analisis validitas untuk mengetahui kelayakan instrumen oleh validator ahli, diperoleh bahwa instrumen penilaian termasuk dalam kategori sangat layak dengan nilai rata-rata 3,5. Hasil analisis reliabilitas instrumen dari hasil skor kinerja siswa diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,72 yang termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan dari hasil angket respon guru dan siswa mengenai kepraktisan instrumen penilaian diperoleh nilai rata-rata dengan persentase angket respon guru sebesar 95% yang berada dalam kategori tinggi dan angket respon siswa dengan rata-rata persentase sebesar 85% dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh tersebut, tujuan dari penelitian ini tercapai dengan baik dimana diperoleh instrumen penilaian kinerja dengan teknik peer assessment yang layak untuk digunakan di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 FIS 136 |
Keywords: | Peer assessment; Penilaian kinerja; Dimensi; Besaran; Satuan; Notasi ilmiah; Pengukuran; Ketidakpastian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 18 Nov 2021 03:19 |
Last Modified: | 18 Nov 2021 03:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43798 |