PERBEDAAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN PENDEKATAN EKSPOSITORI DI SMP NEGERI TAKENGON

Batubara, Irwansyah (2014) PERBEDAAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN PENDEKATAN EKSPOSITORI DI SMP NEGERI TAKENGON. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8106172034 Cover.pdf]
Preview
Text
1. 8106172034 Cover.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8106172034 Abstrak.pdf]
Preview
Text
2. 8106172034 Abstrak.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8106172034 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
3. 8106172034 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8106172034 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
4. 8106172034 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8106172034 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
5. 8106172034 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8106172034 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8106172034 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8106172034 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
7. 8106172034 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8106172034 Bab I.pdf]
Preview
Text
8. 8106172034 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9. 8106172034 Bab V.pdf]
Preview
Text
9. 8106172034 Bab V.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8106172034 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
10. 8106172034 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui; (1) perbedaan kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dengan siswa yang diajar dengan pendekatan Ekspositiri; (2) perbedaan disposisi matematis siswa yang diajar PMR dengan Ekspositori; (3) ada tidaknya interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan matematika siswa terhadap kemampuan representasi;(4) ada tidaknya interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan matematika siswa terhadap disposisi matematis siswa; dan (5) proses penyelesaian representasi matematis terhadap penyelesaian soal. Penelitian ini berbentuk kuasi-eksperimen dengan rancangan eksprimen pretes-postes dua kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di Takengon Kabupaten Aceh Tengah yang memiliki akreditasi B yang secara acak, dipilih 2 sekolah yaitu SMP Negeri 6 Takengon dan SMP Negeri 17 Takengon.. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan awal matematika, tes kemampuan representasi matematis, angket disposisi skala likert, dan lembar observasi. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas dengan koefisien reliabilitas kemampuan representasi matematis sebesar 0,67 (sedang) dan koefisien reliabilitas disposisi matematis sebesar 0,89 (sangat tinggi). Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji statistik ANOVA Dua Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi dan disposisi matematis siswa yang diberi pendekatan PMR secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberi pendekatan Ekspositori. Skor rerata kemampuan representasi matematis siswa yang diberi pendekatan PMR sebesar 22,07 lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang beri pendekatan Ekspositori sebesar 18,13. Skor rerata skala disposisi matematis siswa yang diberi pendekatan PMR sebesar 94,26 lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang beri pendekatan Ekspositori sebesar 86,97. Hasil penelitian lainnya menyebutkan; (1) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan matematika siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap kemampuan representasi dan disposisi matematis siswa; (2) persentase proses penyelesaian representasi matemtis siswa yang memperoleh katagori baik pada siswa PMR dan Ekspositori masing-masing adalah sebagai berikut; indikator gambar PMR 32,26% dan Ekspositori 40,00%, indikator ekspresi matematis PMR 29,03% dan Ekspositori 3,33%, dan indikator kata-kata PMR 29,03% dan Ekspositori 10,00%. Dari ketiga indikator representasi matematis didapat rerata persesntase katagori baik pada kelas PMR 30,11% lebih tinggi dari kelas Ekspositori 17,76%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Bat p
Keywords: Disposisi matematis; Matematika realistik; Pendekatan ekspositori; Representasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 20 Apr 2016 02:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4379

Actions (login required)

View Item
View Item