Yuslinda (2021) META-ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173111088 COVER.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
2. NIM. 4173111088 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
3. NIM. 4173111088 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
4. NIM. 4173111088 PREFACE.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
5. NIM. 4173111088 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (742kB) | Preview
9. NIM. 4173111088 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
13. NIM. 4173111088 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
14. NIM. 4173111088 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis besar pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan merupakan meta-analisis yaitu ulasan naratif atau ulasan sistematik dengan cara menganalisis hasil-hasil penelitian yang telah dipublikasikan secara nasional yang berkaitan dengan pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Sampel penelitian ini adalah delapan artikel jurnal nasional yang diterbitkan pada rentang tahun 2017-2021 pada jenjang SMP dan SMA, yang membahas penulisan eksperimen tentang pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Instrumen pada penelitian ini ialah lembar pengkodean yang merangkum data dan informasi artikel jurnal yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan delapan artikel jurnal memiliki rata-rata nilai effect size sebesar 1,25 yang berarti tergolong ke dalam efek besar. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah memberikan pengaruh yang besar terhadap kemampuan komunikasi matematis dilihat dari segi jenjang pendidikan, wilayah, materi pelajaran, dan jumlah pertemuan penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Hal ini menunjukkan kesimpulan bahwa model pembelajaran berbasis masalah lebih memberikan pengaruh yang besar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dibandingkan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 MAT 268 |
Keywords: | Meta-analisis; Pembelajaran berbasis masalah; Komunikasi matematis; Effect Size |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 17 Nov 2021 07:16 |
Last Modified: | 17 Nov 2021 07:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43778 |