META-ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Yuslinda (2021) META-ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4173111088 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4173111088 COVER.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4173111088 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4173111088 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4173111088 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4173111088 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4173111088 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4173111088 PREFACE.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4173111088 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4173111088 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (742kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4173111088 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4173111088 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4173111088 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4173111088 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4173111088 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4173111088 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis besar pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan merupakan meta-analisis yaitu ulasan naratif atau ulasan sistematik dengan cara menganalisis hasil-hasil penelitian yang telah dipublikasikan secara nasional yang berkaitan dengan pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Sampel penelitian ini adalah delapan artikel jurnal nasional yang diterbitkan pada rentang tahun 2017-2021 pada jenjang SMP dan SMA, yang membahas penulisan eksperimen tentang pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Instrumen pada penelitian ini ialah lembar pengkodean yang merangkum data dan informasi artikel jurnal yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan delapan artikel jurnal memiliki rata-rata nilai effect size sebesar 1,25 yang berarti tergolong ke dalam efek besar. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah memberikan pengaruh yang besar terhadap kemampuan komunikasi matematis dilihat dari segi jenjang pendidikan, wilayah, materi pelajaran, dan jumlah pertemuan penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Hal ini menunjukkan kesimpulan bahwa model pembelajaran berbasis masalah lebih memberikan pengaruh yang besar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dibandingkan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 MAT 268
Keywords: Meta-analisis; Pembelajaran berbasis masalah; Komunikasi matematis; Effect Size
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 17 Nov 2021 07:16
Last Modified: 17 Nov 2021 07:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43778

Actions (login required)

View Item
View Item