Sitakar, Widya Putri Wahyuni (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MEAN ENDS ANALYSIS (MEA). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4161111080 COVER.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
2. NIM. 4161111080 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
3. NIM. 4161111080 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
4. NIM. 4161111080 PREFACE.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
5. NIM. 4161111080 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
9. NIM. 4161111080 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
13. NIM. 4161111080 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
14. NIM. 4161111080 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis hubungan model pembelajaran Mean Ends Analysis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, 2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan pembelajaran Mean Ends Analysis (MEA). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur, dimana peneliti menghimpun dan menganalisis sumber yang berhubungan dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat hubungan model pembelajaran Mean Ends Analysis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, yang terjadi pada tahap memahami masalah yang dapat dilakukan dengan kegiatan mengelaborasi masalah menjadi sub-sub masalah yang lebih sederhana, tahap merencanakan pemecahan masalah dapat dilakukan dengan kegiatan menyusun sub-sub masalah yang telah diidentifikasi sehingga saling berkaitan satu dengan yang lain, tahap melaksanakan pemecahan masalah dapat dilakukan dengan melaksanakan rencana atau strategi yang telah disusun dan tahap pemeriksaan kembali dapat dilakukan dengan melakukan evaluasi pada proses penyelesaian, 2) berdasarkan analisis yang telah dilakukan ditemukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diberikan pembelajaran Mean Ends Analysis (MEA) dengan kategori sedang dan tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Mean Ends Analysis (MEA) dapat dijadikan salah satu solusi untuk mengatasi rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 MAT 237 |
Keywords: | Pemecahan masalah matematis; Model pembelajaran; Mean ends analysis; Pembelajaran matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 17 Nov 2021 06:16 |
Last Modified: | 17 Nov 2021 06:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43775 |