Syafridah (2021) METASINTESIS PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4161111073 COVER.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
2. NIM. 4161111073 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
3. NIM. 4161111073 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
4. NIM. 4161111073 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (528kB) | Preview
5. NIM. 4161111073 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
9. NIM. 4161111073 BAB I.pdf - Published Version
Download (644kB) | Preview
13. NIM. 4161111073 BAB V.pdf - Published Version
Download (583kB) | Preview
14. NIM. 4161111073 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (498kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk 1) mendeskripsikan hasil penelitian tentang pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendidikan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, 2) mendeskripsikan metasintesis tentang pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendidikan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metasintesis, yang diawali dengan mengidentifikasi pertanyaan penelitian, mengembangkan protokol penelitian, menetapkan wilayah pencarian, mengumpulkan hasil penelitian yang relevan, memilih hasil penelitian yang berkualitas, mengekstraksi data dari hasil studi, melakukan sintesis data dengan menggunakan metasintesis, dan terakhir menyajikan hasil dari metasintesis yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua artikel yang dijadikan sumber memberikan hasil yang beragam. Setelah dilakukan metasintesis diperoleh hasil: 1) model pengembangan perangkat yang digunakan oleh sumber adalah model pengembangan 4-D dan model pengembangan Dick & Carey, 2) semua sumber memenuhi kriteria efektif yang ditinjau dari ketuntasan belajar secara klasikal, dan 3) pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendidikan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan kategori rendah dan sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 MAT 238 |
Keywords: | Metasintesis; Pengembangan perangkat pembelajaran; Pendidikan matematika realistik; Pemecahan masalah matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 17 Nov 2021 05:48 |
Last Modified: | 17 Nov 2021 05:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43772 |