Ulfa, Syarifah Widya (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (MANGANALISIS, MENGEVALUASI, MENCIPTA) DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA STIPAP LPP MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106173015 Cover.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. 8106173015 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
3. 8106173015 Abstrak.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4. 8106173015 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5. 8106173015 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. 8106173015 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7. 8106173015 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
8. 8106173015 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9. 8106173015 Bab I.pdf - Published Version
Download (580kB) | Preview
10. 8106173015 Bab V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
11. 8106173015 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (menganalisis, mengevaluasi, mencipta) mahasiswa; dan (2) pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan proses sains mahasiswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester I Jurusan Budidaya Perkebunan (BDP) Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIPAP) LPP Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 sebanyak 5 kelas dengan jumlah 210 mahasiswa. Sedangkan sampel diambil 2 kelas dari 5 kelas yang ada. Jumlah sampel sebanyak 88 orang yang dikelompokkan ke dalam kelompok eksperimen dengan strategi pembelajaran berbasis masalah, dan kelompok kontrol dengan pembelajaran tradisional. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak (cluster random sampling). Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar kemampuan berpikir tingkat tinggi (menganalisis, mengevaluasi, mencipta), dan lembar observasi keterampilan proses sains mahasiswa. Metode penelitian ini bersifat kuasi eksperimen (quasi eksperimental method) dengan teknik analisis uji t pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) kemampuan berpikir tingkat tinggi (menganalisis, mengevaluasi, mencipta) mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah 75,39 ± 8,83 ( ±SD) signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran tradisional 66,23 ± 8,99 (t-hitung = 4,907; P = 0,000); dan (2) keterampilan proses sains mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah 71,30 ± 7,29 ( ±SD) signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran tradisional 66,16 ± 11,07 (t-hitung = 3,338; P = 0,002). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (menganalisis, mengevaluasi, mencipta) dan keterampilan proses sains mahasiswa STIPAP LPP Medan. Penelitian ini mengimplikasikan bahwa strategi pembelajaran berbasis masalah merupakan strategi yang perlu dipertimbangkan untuk dilaksanakan dalam proses pembelajaran biologi atau ilmu alamiah dasar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 1 Ulf p |
Keywords: | Pembelajaran biologi; Strategi pembelajaran; Strategi tradisional; Keterampilan proses sains; Berpikir tingkat tinggi; Pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 18 May 2016 00:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4371 |