Pakpahan, Ester Mariana (2021) META-ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173311040 COVER.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
2. NIM 4173311040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
3. NIM 4173311040 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4. NIM 4173311040 PREFACE.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
5. NIM 4173311040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM 4173311040 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
13. NIM 4173311040 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
14. NIM 4173311040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif, yaitu analisis menyajikan hasil publikasi penelitian ilmiah pada elektronik jurnal secara nasional maupun internasional yang berkaitan tentang pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, jurnal yang dianalisis pada penelitian ini sebanyak enam jurnal (lima jurnal nasional dan satu jurnal internasional). Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan peneliti diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP).
Secara keseluruhan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP dalam pembelajaran matematika memiliki effect size sebesar 1,3563 (Efek Tinggi). Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat memberikan pengaruh yang lebih efektif dan layak digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 MAT 216 |
Keywords: | Problem based learning; Berpikir kritis; Model pembelajaran; Meta-analisis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 12 Nov 2021 03:19 |
Last Modified: | 12 Nov 2021 03:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43700 |