Silaban, Ayu Ulina (2021) METAANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173311015 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. NIM 4173311015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
3. NIM 4173311015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (976kB) | Preview
4. NIM 4173311015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (984kB) | Preview
5. NIM 4173311015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
9. NIM 4173311015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
13. NIM 4173311015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (674kB) | Preview
14. NIM 4173311015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan studi metaanalisis. Penelitian ini adalah penelitian metaanalisis kuantitatif jenis deskriptif terhadap analisis hasil publikasi penelitian ilmiah pada e-journal nasional tahun 2017-2020. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh jurnal ilmiah yang sudah dipublikasikan berskala nasional dan internasional dengan judul artikel sejenis tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Sampel penelitian ini adalah artikel tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dengan kriteria jenis penelitian sebagai berikut: (1) penelitian kuantitatif dan memenuhi data effect size; (2) adanya data effect size yang dibutuhkan seperti rerata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa standar deviasi; (3) diterbitkan empat tahun terakhir; (4) indikator kemampuan pemecahan masalah matematis yang digunakan; (5) jenjang pendidikan tingkat SMP. Hasil penelitian: (1) secara keseluruhan model pembelajaran kooperatif tipe stad mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa hasil perhitungan rata-rata keseluruhan effect size sebesar 1.83 dalam kategori besar dan standart deviasi sebesar 0.95; (2) pengaruh berdasarkan materi yang diajarkan bahwa materi SPLDV memiliki pengaruh yang besar dalam peningkatan kemampuan matematis siswa dengan effect size sebesar 2.97 tergolong dalam kategori besar, (3) besar pengaruh berdasarkan wilayah menunjukkan hasil yang positif dengan nilai effect size pada wilayah Medan adalah 2.92 dengan kategori efek besar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 MAT 212 |
Keywords: | Metaanalisis; Effect size; Pembelajaran kooperatif; Pemecahan masalah matematis; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 10 Nov 2021 02:49 |
Last Modified: | 10 Nov 2021 03:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43676 |