Daulay, Dian Rosyalin Brangzo (2014) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI FIRING LINE DAN DISCOVERY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS, BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 TANJUNGMORAWA T.P 2013/2014. Masters thesis, UNIMED.
UNIMED-Master-33063-8126173003 Judul.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
UNIMED-Master-33063-8126173003 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (894kB) | Preview
UNIMED-Master-33063-8126173003 Abstrak.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
UNIMED-Master-33063-8126173003 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
UNIMED-Master-33063-8126173003 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
UNIMED-Master-33063-8126173003 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
UNIMED-Master-33063-8126173003 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
UNIMED-Master-33063-8126173003 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
UNIMED-Master-33063-8126173003 Bab I.pdf - Published Version
Download (535kB) | Preview
UNIMED-Master-33063-8126173003 Bab V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
UNIMED-Master-33063-8126173003 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran firing line dengan Discovery dalam mempelajari materi ekosistem terhadap keterampilan proses sains, kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa di SMP. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 4 Tanjungmorawa Tahun Pelajaran 20013/2014, sedangkan yang menjadi sampel penelitian adalah siswa kelas VII-A, VII-B dan VII-C yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling, kelas A dibelajarkan dengan strategi pembelajaran firing line dan kelas B dibelajarkan dengan strategi pembelajaran discovery. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar bentuk pilihan ganda, soal tes kemampuan berpikir kritis dan soal tes keterampilan proses sains. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment, teknik analisis data menggunakan uji F pada taraf signifikansi 5% dengan bantuan aplikasi SPSS ver. 19.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang sangat signifikan strategi pembelajaran firing line, discovery dan tradisional terhadap keterampilan proses sains siswa (Fhitung = 32,422, P= 0,000), (2) terdapat pengaruh yang sangat signifikan strategi pembelajaran firing line, discovery dan tradisional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (Fhitung = 9,337, P= 0,000), (3) terdapat pengaruh yang sangat signifikan strategi pembelajaran firing line, discovery dan tradisional terhadap hasil belajar siswa (Fhitung = 11,664, P= 0,000). Maka kelas terbaik untuk keterampilan proses sains, kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa adalah kelas yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran firing line. Sebagai tinjak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru dapat menerapkan strategi firing line dan discovery dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan keterampilan proses sains, kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 577.071 2 Dau p |
Keywords: | Ekosistem; Firing line; Strategi discovery; Berpikir kritis; Belajar aktif; Pembelajaran langsung; Keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 04:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4359 |