Sihotang, Hotmaria Agustina (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI TINGKAT TINGGI SISWA DI SMA NEGERI 2 KISARAN KABUPATEN ASAHAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126173010 Judul.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
2. 8126173010 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
3. 8126173010 Abstrak.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
4. 8126173010 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. 8126173010 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. 8126173010 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. 8126173010 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. 8126173010 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. 8126173010 Bab I.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
10. 8126173010 Bab V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
11. 8126173010 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Pembelajaran Berbasis Proyek dengan pembelajaran konvensional terhadap: (1) Keterampilan Proses Sains; (2) Hasil Belajar Biologi; (3) Hasil Belajar Biologi Tingkat Tinggi Siswa pada materi pokok ekosistem, di kelas X SMA Negeri 2 Kisaran. Populasi penelitian berjumlah 7 kelas dan sampel penelitian sebanyak 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling yaitu kelas X3 sebagai kelas yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis proyek dan X5 sebagai kelas yang dibelajarkan dengan pendekatan Konvensional. Instrumen pengumpulan data menggunakan: (1) tes keterampilan proses sains dalam bentuk uraian sebanyak 8 item; (2) tes hasil belajar dengan bentuk pilihan berganda sebanyak 30 item; dan (3) tes hasil belajar tingkat tinggi dalam bentuk uraian sebanyak 4 item, serta lembar observasi kemampuan keterampilan proses sains siswa. Metode penelitian ini bersifat kuasi eksperimen dengan teknik analisis data menggunakan uji t dua sampel independent pada taraf signifikansi ∝ = 0,05 dengan bantuan program SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) ada perbedaan yang sangat signifikan keterampilan proses sains yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis proyek 74,63± 8,09( ± SD) dan pendekatan konvensional 69,38 ± 6,46 ( ± SD) dengan thitung = 2,89; P = 0,006; (2) ada perbedaan yang sangat signifikan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis proyek 84,06 ± 3,86 ( ± SD) dan pendekatan konvensional 76,46 ± 3,48( ± SD) dengan thitung = 8,28; P = 0,000; (3) ada perbedaan yang sangat signifikan hasil belajar tingkat tinggi siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis proyek 75,78 ± 7,84 ( ± SD) dan pendekatan konvensional 65,00 ± 8,03( ± SD) dengan thitung = 5,43; P = 0,000. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran berbasis proyek lebih baik dari pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 2 Sih p |
Keywords: | Pembelajaran berbasis masalah; Keterampilan proses sains; Pembelajaran konvensional; Biologi tingkat tinggi |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 08 Jun 2016 04:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4355 |