Wamirza, Edo (2020) Metode Pembelajaran dan Bentuk Penyajian Musik Ansambel Campuran Pada Musik Keroncong Di SMP Muhammadiyah 7 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2143340013 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM 2143340013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
3. NIM 2143340013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM 2143340013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
5. NIM 2143340013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM 2143340013 TABLES.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
7. NIM 2143340013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
11. NIM 2143340013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
12. NIM 2143340013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang proses pembelajaran musik
ansambel campuran pada musik keroncong, bentuk penyajian musik ansambel
campuran pada musik keroncong, dan hasil pembelajaran musik ansambel campuran
pada musik keroncong kelas VIII di SMP Muhammadiyah 7 Medan. Teori yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teori pembelajaran, bentuk penyajian,
ansamble, dan keroncong. Penelitian ini dilaksanakan pada Agustus 2019 s/d
Oktoberr 2019 di Jalan Pelita 2 No.3-5, Medan. Metode dalam penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah dua puluh tiga orang yaitu
wali kelas VIII/guru seni budaya, dan seluruh siswa kelas VIII A sebanyak dua puluh
satu siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara,
dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa proses pembelajaran musok
ansambel campuran pada musik keroncong di SMP Muhammadiyah 7 Medan
dilaksanakan dalam dua kali pertemuan, masing-masing pertemuan terdapat tiga
tahap yaitu pendahuluan, inti, dan penutup dengan alokasi waktu 3 x 40 menit. Hasil
belajar yang dicapai siswa lebih baik, afektif, dan efisien dengan metode
pembelajaran dan bentuk penyajian musik ansambel campuran pada musik keroncong
di SMP Muhammadiyah 7 Medan yang didalamnya mencakup kriteria-kriteria
penilaian bidang kognitif, afektif, dan psikomotoris.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Metode; Pembelajaran; Penyajian; Hasil Belajar |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > MT Instruction and study > MT18 Music in colleges and universities M Music and Books on Music > MT Instruction and study > MT40 Composition. Elements and techniques of music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 29 Oct 2021 08:47 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 08:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43500 |