EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI INKUIRI TERBIMBING DENGAN MEDIA KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN NILAI KARAKTER TDKPDMP SISWA PADA PELAJARAN KIMIA LARUTAN DI SMA KELAS XI

Siregar, Sri Handayani (2014) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI INKUIRI TERBIMBING DENGAN MEDIA KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN NILAI KARAKTER TDKPDMP SISWA PADA PELAJARAN KIMIA LARUTAN DI SMA KELAS XI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8126142019 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8126142019 Judul.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8126142019 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8126142019 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 3. 8126142019 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8126142019 Abstrak.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8126142019 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8126142019 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8126142019 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8126142019 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8126142019 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8126142019 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8126142019 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8126142019 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8126142019 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8126142019 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8126142019 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8126142019 Bab I.pdf - Published Version

Download (459kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8126142019 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8126142019 Bab V.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8126142019 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8126142019 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk menunjukkan : (1) Peningkatan hasil belajar kimia larutan siswa kelas XI yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Inkuiri Terbimbing Dengan Media komputer dan model Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Inkuiri Terbimbing serta model Direct Interaction (DI). (2) Perbedaan peningkatan nilai karakter Tdkpdmp siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Inkuiri Terbimbing Dengan Media komputer dan model Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Inkuiri Terbimbing serta model Direct Interaction (DI. (3) Hubungan antara karakter sisiwa dengan hasil belajar kimia siswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA semester 2 tahun pelajaran 2013/2014, dan diambil sampel dari populasi yang berasal dari SMA negeri 2, SMA Negeri 4 dan SMA Negeri 6 Padangsidimpuan masing – masing sebanyak 3 kelas yang berjumlah 270 orang. Data penelitian yang dikumpulkan dari sampel adalah berupa data nilai karakter siswa yang diperoleh dari observasi dan angket, dan hasil belajar siswa yang diperoleh dari tes hasil belajar berupa pilihan berganda sebanyak 23 soal dengan reliabilitas sebesar 0,777 (tinggi). Telah dilakukan uji persyaratan berupa uji normalitas dan homogenitas, diperoleh hasil bahwa data normal dan homogen. Hipotesis diuji dengan General Linear Model (GLM) pada taraf signifikansi 0,05 dengan menggunakan program SPSS 19.0 for windows. Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis yang dilakukan diperoleh bahwa: (1) Hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Inkuiri Terbimbing Dengan Media komputer dan model Direct Interaction (DI) berbeda secara signifikan, yang ditunjukkan oleh harga sig. 0,036; (2) Hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Inkuiri Terbimbing Dengan Media komputer dan model Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Inkuiri Terbimbing tidak berbeda secara signifikan, yang ditunjukkan harga sig 0,281 (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara hasil belajar kognitif siswa dengan karakter toleransi, demokratis, komunikatif dan percaya diri namun tidak dengan karakter menghargai prestasi dengan model pembelajaran yang diterapkan.(4) Siswa dengan karakter toleransi, demokratis dan menghargai prestasi yang tinggi memiliki hasil belajar yang tinggi, namun lainhalnya dengan karakter percaya diri dan komunikatif tingginya nilai karakter tidak menjamin hasil belajar yang tinggi dengan penggunan model PBLInk- Komp.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 546.071 2 Sir e
Keywords: Asam basa; Kimia larutan; Direct instruction; Pembelajaran inkuiri; Pendidikan karakter; Problem based learning
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 08 Jun 2016 02:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4349

Actions (login required)

View Item
View Item