Lande, Tri (2020) Kelayakan Isi dan Bahasa Buku Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Menengah Atas Kelas X Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2161111047 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2 NIM 2161111047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (664kB) | Preview
3. NIM 2161111047 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
4. NIM 2161111047 PREFACE.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5. NIM 2161111047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
6. NIM 2161111047 TABLES.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
7. NIM 2161111047 LIST OF DIAGRAMS.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
8. NIM 2161111047 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
9. NIM 2161111047 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (578kB) | Preview
13. NIM 2161111047 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
14. NIM 2161111047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
Abstract
Kelayakan isi dan bahasa merupakan komponen penting dalam menilai kelayakan buku siswa yang harus diperhatikan dan dinilai berdasarkan peraturan dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) di Indonesia. Buku siswa merupakan salah satu sumber belajar dan sarana pendukung untuk mencapai tujuan pembelajaran, sehingga kelayakan sebuah buku siswa sangatlah penting. Namun, problematika terkait kelayakan buku siswa masih banyak terjadi di lingkungan sekolah. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan isi dan bahasa pada buku Bahasa Indonesia siswa Sekolah Menengah Atas kelas X kurikulum 2013 edisi revisi 2017 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan teknis analisis menggunakan analisis konten (content analysis). Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut: (1) kelayakan isi pada buku siswa tersebut adalah 86,35 atau pada kategori sangat layak, dan (2) kelayakan bahasa pada buku siswa tersebut adalah 90,10% atau pada kategori sangat layak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | buku siswa; kelayakan bahasa; kelayakan isi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 27 Oct 2021 05:37 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 05:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43451 |