Sinaga, Regina Sabariah (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE DENGAN BANTUAN SOFTWARE WINGEOM TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMPN 37 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126171029 Judul.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. 8126171029 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (726kB) | Preview
3. 8126171029 Abstrak.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4. 8126171029 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
5. 8126171029 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
6. 8126171029 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
7. 8126171029 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. 8126171029 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9. 8126171029 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 8126171029 Bab V.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
11. 8126171029 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbantuan software Wingeom pada materi persegi dan segitiga terhadap kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa di SMPN 37 Medan. Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan yang diperoleh, siswa diberikan tes kemampuan komunikasi matematis dan angket untuk mengukur skala sikap kemandirian belajar siswa. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar dianalisis dengan menggunakan gain ternormalisasi dan dan kemudian dilanjutkan dengan ANAVA dua jalur untuk mengetahui terdapat tidaknya interaksi antara kemampuan awal siswa terhadap model pembelajaran dan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar. Pengaruh model pembelajaran berbantuan software Wingeom terhadap kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar dihitung dengan menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan TPS berbantuan Wingeom lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model biasa dimana rata-rata N-gain pada kelas eksperimen 0,36226 dan rata-rata n-gain pada kelas kontrol adalah 0,0217, (2) peningkatan kemandirian belajar siswa yang diajar dengan TPS berbantuan Wingeom lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model biasa, dimana rata-rata n-gain pada kelas eksperimen adalah 0,056857 sedangkan pada kelas kontrol adalah 0,035008, (3) tidak terdapat interaksi kemampuan awal terhadap model pembelajaran think-pair-share dan kemampuan komunikasi matematis siswa, (4) tidak terdapat interaksi kemampuan awal terhadap model pembelajaran think-pair-share terhadap kemandirian belajar siswa, (5) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran think-pair-share berbantuan software Wingeom terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (6) terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran ¬think-pair-share berbantuan software Wingeom terhadap kemandirian belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 516.071 2 Sin p |
Keywords: | Komunikasi matematis; Pembelajaran kooperatif; Software wingeom; Think pair share; Model pembelajaran; Bangun datar; Geometri |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 07 Jun 2016 06:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4341 |