Anawati, Sri (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA KELAS X SMA AL-AZHAR MEDAN TA. 2013/2014. Masters thesis, UNIMED.
1. 081188710059 Judul.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
2. 081188710059 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (918kB) | Preview
3. 081188710059 Abstrak.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. 081188710059 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
5. 081188710059 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
6. 081188710059 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
7. 081188710059 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. 081188710059 Daftar Grafik.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. 081188710059 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
10. 081188710059 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
11. 081188710059 Bab V.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
12. 081188710059 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang bertujuan untuk menemukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematik siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW). Penelitian ini dilakukan di SMA Al-Azhar Medan, Jalan Pintu Air IVNo.214 Kwala Bekala Padang Bulan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari tiga kali pertemuan dan Siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observation), dan refleksi (reflecting). Jumlah subjek dalam pelaksanaan siklus masing-masing 27 orang siswa kelas XC Tahun Ajaran 2013/2014. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari tes kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematik siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan : (1) terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dimana pada siklus I menunjukkan skor rata-rata kelas mencapai 63,33 dengan presentase ketuntasan klasikalnya sebesar 59,26%, dan pada siklus II skor rata-rata kelas mencapai 79,07 dengan presentase ketuntasan klasikalnya 88,89%. Telah terjadi peningkatan untuk presentase ketuntasan klasikalnya sebesar 29,63% dan rata-rata kelas sebesar 15,74, (2) terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematik, dimana pada siklus I menunjukkan skor rata-rata kelas mencapai 63,15 dengan presentase ketuntasan klasikalnya sebesar 44,44%, dan pada siklus II skor rata-rata kelas mencapai 80,37 dengan presentase ketuntasan klasikalnya 96,30%. Sehingga terjadi peningkatan untuk presentase ketuntasan klasikalnya sebesar 51,86% dan rata-rata kelas sebesar 17,22 (3) Hasil pengamatan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) dari sisi siswa bahwa nilai rata-rata pada siklus I adalah 76,86%, siklus II adalah 86,72%. Dari sisi guru yang telah dilaksanakan bahwa nilai rata-rata pada siklus I adalah 75,42%, sedangkan siklus II yaitu 86,67%Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman an komunikasi matematik siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Ana p |
Keywords: | Pemahaman matematik; Komunikasi matematik; Pembelajaran kooperatif; Model pembelajaran; Think talk write |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 07 Jun 2016 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4337 |