Damanik, Rani Sari Irwanita (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK NEGERI 11 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106172016 Judul.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2. 8106172016 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (929kB) | Preview
3. 8106172016 Abstrak.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
4. 8106172016 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
5. 8106172016 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
6. 8106172016 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
7. 8106172016 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
8. 8106172016 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
9. 8106172016 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 8106172016 Bab V.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
11. 8106172016 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui kemampuan representasi matematik siswa yang memperoleh pendekatan pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada kemempuan representasi matematik siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. (2) Untuk mengetahui minat belajar siswa terhadap matematika yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada minat belajar siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. (3) Untuk mengetahui interaksi antara pembelajaran dengan minat terhadap kemampuan representasi matematika siswa. (4)Untuk mengetahui bagaimana proses penyelesaian masalah representasi matematika siswa dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini adalah penelitian semi eksperimen yang dilaksanakan di SMK Negeri 11 Medan. Kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dipilih secara acak. Dua kelas diambil secara acak dari masing-masing sekolah sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol dengan pembelajaran biasa. Data hasil kemampuan representasi dan minat matematika siswa, melihat interaksi antara model pembelajaran terhadap kemampuan representasi dan minat matematis siswa diuji dengan ANAVA dua jalur menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Berdasarkan hasil analisis dan analisis data ditemukan bahwa ada pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan representasi matematis siswa tetapi tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap minat matematika siswa. Untuk mendukung temuan tersebut, diperoleh beberapa kesimpulan yang merupakan jawaban atas pertanyaan penelitian pada rumusan masalah seperti berikut ini: (1) Representasi matematis siswa yang diberi model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan lebih baik daripada siswa yang diberi model pembelajaran biasa, (2) Minat matematis siswa yang diberi model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan tidak lebih baik daripada siswa yang diberi model pembelajaran biasa. (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan minat terhadap kemampuan representasi matematika siswa. (4) Proses penyelesaian jawaban siswa pada model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan siswa pada model pembelajaran biasa. Siswa dengan model pembelajaran berbasis masalah menjawab dengan lebih sistematis dan mampu memberikan alasan dan perhitungan yang tepat, sedangkan siswa dengan model pembelajaran biasa menjawab dengan kurang sistematis dan tidak memberi alasan serta perhitungan yang baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Dam p |
Keywords: | Representasi matematik; Minat belajar; Pembelajaran biasa; Pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 07 Jun 2016 03:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4336 |