Sianturi, Monika Karolina (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Bisnis Siswa Kelas X SMK Swasta Taman Siswa Medan T.P 2020/2021. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8196166003 COVER.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
2. NIM. 8196166003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
3. NIM. 8196166003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 8196166003 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
5. NIM. 8196166003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM. 8196166003 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
7. NIM. 8196166003 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 8196166003 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
9. NIM. 8196166003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (719kB) | Preview
13. NIM. 8196166003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
14. NIM. 8196166003 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis masalah pada mata pelajaran ekonomi bisnis kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan langkah 4-D. Kualitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang akan dideskripsikan meliputi kelayakan LKPD, dan efektifitas LKPD ditinjau dari hasil belajar siswa. Subyek penelitian produk divalidasi oleh 2 validator ahli, guru bidang studi, dan sasaran uji coba produk yaitu kelas X dengan uji coba pertama 7 siswa dan uji coba kedua 29 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan pengembangan LKPD berbasis problem based learning layak digunakan karena keseluruhan validasi dengan persentase rata-rata 87% dan penilaian angket respon siswa pada tahap uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan dengan persentase lebih besar dari 80%. Keefektifan pembelajaran mengetahui meningkatnya hasil belajar siswa dengan menggunakan pretest dan posttest, dengan nilai signifikansi 0,05 dan thitung > ttabel (2,71 > 1,664). Hal ini menunjukkan hasil belajar ekonomi bisnis yang diajarkan dengan dengan menggunakan LKPD berbasis model pembelajaran problem based learning lebih efektif secara signifikan daripada hasil belajar ekonomi bisnis yang diajarkan dengan menggunakan LKPD berbasis model pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD layak digunakan dan dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 330.72 Sia p |
Keywords: | LKPD; Problem Based Learning; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 24 Sep 2021 05:29 |
Last Modified: | 24 Sep 2021 05:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43330 |