PengaruhPendekatan Realistic Mathematics Educations (RME) Berbasis Etnomatematika terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa di SD Al-Kausar Kota Langsa

Nuraina (2021) PengaruhPendekatan Realistic Mathematics Educations (RME) Berbasis Etnomatematika terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa di SD Al-Kausar Kota Langsa. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8176182037 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8176182037 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8176182037 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8176182037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8176182037 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8176182037 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8176182037 ACKNOWLEDGEMENT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8176182037 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8176182037 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8176182037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8176182037 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8176182037 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8176182037 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8176182037 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8176182037 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8176182037 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8176182037 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8176182037 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8176182037 REFERENCES.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8176182037 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh pendekatan RME berbasis etnomatematika terhadap peningkatan pemahaman konsep matematika siswa kelas IV SD Al-Kausar Kota Langsa; Pengaruh pendekatan RME berbasis etnomatematika terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas IV SD Al-Kausar Kota Langsa; Adanya interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas IV SD Al-Kausar Kota Langsa; Adanya interaksi antara pendekatan pembelajaran dan motivasi belajar terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas IV SD Al-Kausar Kota Langsa; dan Mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa ditinjau dari kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara total sampling sebanyak dua kelas. Kelas yang pertama (kelompok pertama) diberi perlakuan dengan menerapkan pendekatan RME berbasis etnomatematika dengan jumlah sampel sebanyak 25 orang siswa dan kelas yang kedua (kelompok kedua) diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional dengan jumlah sampel sebanyak 25 orang siswa. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan ANAVA 2 Jalur. Dari hasil penelitian diperoleh:Terdapat pengaruh pendekatan RME berbasis etnomatematika terhadap peningkatan pemahaman konsep matematika siswa, dimana sebesar 47% pendekatan RME berbasis etnomatematika mempengaruhi peningkatan pemahaman konsep matematika siswa;Terdapat pengaruh pendekatan RME berbasis etnomatematika terhadap peningkatan motivasi belajar siswa, dimana sebesar 40,7% pendekatan RME berbasis etnomatematika mempengaruhi peningkatan motivasi belajar siswa;Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika (KAM) siswa terhadap peningkatan pemahaman konsep matematika siswa siswa; Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika (KAM) siswa terhadap peningkatan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 511.807 2 Nur p
Keywords: RME Berbasis Etnomatematika; Pemahaman Konsep Motivasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 24 Sep 2021 05:19
Last Modified: 24 Sep 2021 05:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43329

Actions (login required)

View Item
View Item