Pengembangan Model WICDIE dalam Pembelajaran Paduan Suara

Telaumbanua, Eben Haezarni (2021) Pengembangan Model WICDIE dalam Pembelajaran Paduan Suara. Doctoral thesis, UNIMED.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (436kB) | Preview
[thumbnail of Daftar tabel.pdf]
Preview
Text
Daftar tabel.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[thumbnail of Daftar gambar.pdf]
Preview
Text
Daftar gambar.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (508kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (852kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (706kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum terpenuhinya kompetensi dan efektifnya pembelajaran matakuliah paduan suara. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model pembelajaran yang layak, efektif, dan bermakna yang mampu meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam paduan suara serta mendorong mahasiswa kreatif dan produktif. Pengembangan model ini khusus dilakukan pada matakuliah paduan suara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian & pengembangan (R&D). Data diperoleh dengan menyebarkan angket untuk memvalidasi produk-produk penelitian dan kelayakan produk. Keefektifan produk diuji pada matakuliah paduan suara. Hasil pengembangan model pembelajaran adalah model pembelajaran WICDIE. Model pembelajaran WICDIE mempunyai enam sintaks atau tahapan yaitu : Warming Up, Introduction, consep, drill, implementation dan evaluation. Pengembangan model pembelajaran paduan suara mengadopsi model pengembangan instruksional Dick & Carey, prosedur penelitian pengembangan menggunakan ADDIE. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah buku model pembelajaran WICDIE, buku panduan dosen, buku panduan mahasiswa dan buku ajar. Validitas pengembangan model dalam pembelajaran WICDIE diukur menggunakan beberapa instrumen. Instrumen lembar validasi terhadap konstruk sintaks digunakan untuk mengukur kualitas konstruk dan sintaks model pembelajaran WICDIE pada mata kuliah paduan suara. Model pembelajaran WICDIE disebut layak digunakan berdasarkan hasil penilaian ahli design, ahli materi dan ahli media.
Hasil uji kelayakan terhadap produk dari hasil penelitian pengembangan model pembelajaran WICDIE dinyatakan layak oleh pengguna model pembelajaran WICDIE, hasil uji keefektifan model pembelajaran WICDIE menunjukkan perbedaan hasil belajar yang signifikan dengan sig value pada uji t ˂ 0.05 dibandingkan kelas kontrol. Dampak instruksional yang terjadi menggunakan model WICDIE adalah menjadikan mahasiswa aktif selama proses pembelajaran, terjadi pengembangan konsep melalui pendalaman dalam paduan suara, kreatif mampu berpikir kritis dan mahasiswa menghasilkan produk dari hasil pembelajaran sehingga terjadi pembelajaran bermakna.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: 372.5 Tel p
Keywords: Pengembangan model; Model Pembelajaran WICDIE dan Paduan suara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE210 Construction details Including foundations, maintenance, equipment
T Technology > TX Home economics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan (S3)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 24 Sep 2021 04:31
Last Modified: 24 Sep 2021 04:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43324

Actions (login required)

View Item
View Item