Lestari, Annisa Suci (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping dan Motivasi Terhadap Hasil Bealajar PPKn Siswa Kelas III Di Sdn 05 Mesjid Lama Kabupaten Batu Bara Tahun Pelajaran 2020/2021. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176182005 COVER.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
2. NIM 8176182005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
3. NIM 8176182005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4. NIM 8176182005 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
5. NIM 8176182005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
6. NIM 8176182005 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. NIM 8176182005 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM 8176182005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
12. NIM 8176182005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
13. NIM 8176182005 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh tujuan pendidikan untuk mempersiapkan individu yang memiliki kemampuan dan keterampilan menjadi lebih baik.Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap motivasi dan hasil belajar PPKn pada siswa kelas III di SDN 05 Mesjid Lama Kabupaten Batu Bara. (2) Untuk mengetahui perbandingan motivasi dan hasil belajar PPKn siswa dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas III di SDN 05 Mesjid Lama Kabupaten Batu Bara. (3) Untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran Mind Mapping dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PPKn pada siswa kelas III di SDN 05 Mesjid Lama Kabupaten Batu Bara.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Analisis data menggunakan uji-Tuckey. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Terdapat pengaruh pengguna model pembelajaran Mind Mapping dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar di kelas III SDN 05 Mesjid Lama. Dimana hasil belajar PPKn siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dengan nilai rata-rata 75,48 lebih tinggi dari siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional dengan nilai rata-rata 65,03. (2) Terdapat pengaruh hasil belajar PPKn siswa motivasi tinggi dan rendah yang diajar menggunakan model pembelajaran Mind Mapping. Dimana nilai rata-rata hasil belajar PPKn siswa dengan motivasi tinggi adalah78,97,sedangkannilai rata-rata hasil belajar PPKn siswa denganmotivasi rendah adalah 61,55. (3) Terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajarandan motivasi siswa terhadap hasil belajar PPKn siswa yang memiliki motivasi di kelas III SDN 05 Mesjid Lama. Dimana terdapat interaksi dengan Fhitung (84,03) > Ftabel (4,16).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372 Les p |
Keywords: | Model Pembelajaran Mind Mapping;, Motivasi dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Sep 2021 09:40 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 09:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43262 |