Sitepu, Dewi Ratna Pertiwi (2021) pengembangan bahan ajar berbasis web pada mata kuliah evalusi pembelajaran fisika di prodi magister pendidikan fisika. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176175004 COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2. NIM. 8176175004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
3. NIM. 8176175004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM. 8176175004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5 NIM. 8176175004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM. 8176175004 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 8176175004 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
8. NIM. 8176175004 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM. 8176175004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
13. NIM. 8176175004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
14. NIM. 8176175004 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
Abstract
Perkembangan teknologi telah mengubah berbagai kehidupan menjadi semakin canggih dan berinovasi khususnya di bidang pendidikan. Teknologi berbasis web telah mengubah pembelajaran yang konvensional menjadi lebih modern, aktif, efektif, dan meningkatkan motivasi peserta didik. Adapun tujuan penelitian adalah Mendeskripsikan tingkat kevalidan, kepraktisan, efektivitas, dan dampak bahan ajar berbasis web terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan Model pengembangan ADDIE. Sampel penelitian yakni satu kelas Prodi Magister Pendidikan Fisika Eksekutif B Stambuk 2018 yang dipilih menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan kuesioner, sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Analisis bahan ajar berbassis web pada kategori sangat valid dengan rata-rata 95,57%, sangat praktis dengan rata-rata 95,77 %, sangat efektif dengan rata-rata 93,25%, dan interaksi media pembelajaran terhadap hasil belajar pada kategori tuntas dengan rata-rata 88,55% serta N-Gain pada kategori tinggi yaitu 0,75. Berdasarkan hasil analisis data, media pembelajaran ini dapat digunakan untuk proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.028 5 Sit p |
Keywords: | bahan ajar berbasis web;, kevalidan, kepraktisan; efektivitas dan hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Sep 2021 09:30 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 09:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43261 |