Damanik, Irfa Aulaini (2021) Pengembangan Model Permainan Mini Outbound Berbasis Rekayasa Lingkungan Sekolah Untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186181008 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 8186181008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
3. NIM. 8186181008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
4. NIM. 8186181008 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM. 8186181008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM. 8186181008 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
7. NIM. 8186181008 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 8186181008 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 8186181008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (511kB) | Preview
13. NIM. 8186181008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM. 8186181008 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pengembangan model
permainan mini outbound berbasis rekayasa lingkungan sekolah di RA Nurul
Huda Denai Sarang Burung, 2) Untuk mengetahui kelayakan model permainan
mini outbound berbasis rekayasa lingkungan sekolah, 3) Untuk mengetahui
keefektifan model permainan mini outbound berbasis rekayasa lingkungan
sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan
model ADDIE yang meliputi 5 langkah, yaitu: Analize (Analisis), Design (Tahap
Perancangan), Development (Pengembangan), Implemention (Penerapan), dan
Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini anak kelompok B usia 5-6 tahun RA
Nurul Huda Denai Sarang Burung sebanyak 10 orang anak uji coba lapangan dan
anak uji coba kelompok kecil, serta uji coba perorangan sebanyak 5 orang anak.
Instrument pengumpulan data berupa lembar penilaian validasi ahli desain, ahli
motorik kasar, ahli anak usia dini, dan lembar angket respon guru dalam menilai
produk. Penelitian ini menghasilkan produk yang memenuhi validasi ahli desain,
ahli motorik kasar, dan ahli anak usia dini, dengan rata-rata tingkat presentase
93,0%, yang berkatagori sangat valid dan layak digunakan. respon guru mencapai
92,3% dengan kriteria sangat baik. Hasil penelitian ini berupa model permainan
mini outbound yang dikemas dalam compact disk. Model permainan yang
dikembangkan tersebut efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar
anak. hal ini terlihat dari uji perbedaan sign-rank wilcoxon dengan hasil 0.004.
Hasil Signifikasi 0,004<0,05 yang berarti terjadi perubahan yang signifikan antara
kemampuan anak sebelum dan sesudah diberikan perlakuan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.21 Dam p |
Keywords: | Permainan Mini Outbound; Motorik Kasar Anak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Sep 2021 08:25 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 08:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43253 |