Susanti, Eni (2021) Hubungan Pembelajaran Blended Learning Berbasis LMS Dengan Kemampuan Self Regulated Learning, Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bioteknologi. Masters thesis, UNIMED.
1. 8176173002 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. 8176173002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
3. 8176173002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. 8176173002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
5. 8176173002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. 8176173002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
7. 8176173002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. 8176173002 BAB I.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
13. 8176173002 BAB V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
14. 8176173002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran Blended Learning Berbasis LMS Dengan Kemampuan Self Regulated Learning, Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bioteknologi. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan Teknik analisis data korelasi spearman pada taraf signifikansi α = 0,05. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Medan pada Siswa Kelas XII tahun pelajaran 2020/2021. Populasi pada penelitian ini adalah 10 kelas IPA di SMAN 4 Medan dengan Sampel 2 kelas. Instrumen yang digunakan berupa angket pendapat siswa terhadap LMS Google Classroom dan Rumah Belajar, angket Self Regulated Learning, lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar materi bioteknologi. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya hubungan yang signifikan antara penggunaan LMS Google Classroom dan Kelas Maya Rumah Belajar dengan Kemampuan Self Regulated Learning, Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bioteknologi. Namun hasil belajar dengan menggunakan Google Clasroom lebih tinggi dibandingkan dengan dengan menggunakan Rumah Belajar dengan hasil amat baik 5,71% (2 orang) dan baik 51,43% (18 orang) untuk google classroom, sedangkan untuk Kelas Maya Rumah Belajar diperoleh hasil amat baik 2,86% (1 orang) dan 34,28% (12 orang) kategori baik. Hasil penelitian ini kemungkinan disebabkan karena fitur-fitur pada Google Classroom belum dimanfaatkan secara maksimal, konten belum dirancang dengan baik, adanya kendala teknis pada penggunaan kelas maya rumah belajar dan adanya kejenuhan peserta didik melakukan pembelajaran secara online.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 660.6 Sus h |
Keywords: | Blended Learning; Self Regulated Learning; Aktivitas Siswa; Google Classroom; Kelas Maya Rumah belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum T Technology > TP Chemical technology > TP248 Biotechnology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Sep 2021 08:06 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 08:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43251 |