Nopendra, Dodi (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176171006 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM 8176171006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 8176171006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4. NIM 6176171006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
5. NIM 8176171006 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
6. NIM 8176171006 TABLES.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
7. NIM 8176171006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
8. NIM 8176171006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
9. NIM 8176171006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 8176171006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
14. NIM 8176171006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (620kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui validitas, kepraktisan dan efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan model Discovery Learning; 2) Mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan model Discovery Learning; 3) Mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunkan model Discovery Learning. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMP Swasta Al-HikmahMedan kelas VIII tahun ajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan Model Discovery Learning telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan; 2) Kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik menggunakan perangkat pembelajaran dengan model Discovery Learning meningkatditinjau dari:Rata-rata nilai posttest uji coba I sebesar 76,88 meningkat menjadi 80,94 pada uji coba II dan mengealami peningkatan pada tahap penyebaran sebesar 88,75 dan N-Gain uji cobaI sebesar 0,30 pada kategori sedang meningkat menjadi 0,33 pada kategori sedang pada uji coba II dan pada tahap penyebaran meningkat menjadi 0,62 kategori sedang; 3)Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik menggunakan perangkat pembelajaran dengan model Discovery Learning meningkatditinjau dari:rata-rata nilai posttest uji coba I sebesar 76,88 meningkat menjadi 81,19 pada uji coba II dan mengealami peningkatan pada tahap penyebaran sebesar 84,38 dan N-Gain uji cobaI sebesar 0,31 pada kategori sedang meningkat menjadi 0,33 pada kategori sedang pada uji coba II dan pada tahap penyebaran meningkat menjadi 0,42 kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 511.807 2 Nop p |
Keywords: | model pembelajaran berbasis model discovery learning; perangkat pembelajaran matematika; kemampuan berpikir kreatif matematis; kemampuan pemecahanmasalah matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Sep 2021 04:36 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 04:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43240 |