PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP

Nopendra, Dodi (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8176171006 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8176171006 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8176171006 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8176171006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8176171006 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8176171006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 6176171006 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 6176171006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8176171006 TABLES OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8176171006 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8176171006 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8176171006 TABLES.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8176171006 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8176171006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8176171006 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8176171006 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8176171006 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8176171006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8176171006 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8176171006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8176171006 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8176171006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (620kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui validitas, kepraktisan dan efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan model Discovery Learning; 2) Mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan model Discovery Learning; 3) Mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunkan model Discovery Learning. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMP Swasta Al-HikmahMedan kelas VIII tahun ajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan Model Discovery Learning telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan; 2) Kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik menggunakan perangkat pembelajaran dengan model Discovery Learning meningkatditinjau dari:Rata-rata nilai posttest uji coba I sebesar 76,88 meningkat menjadi 80,94 pada uji coba II dan mengealami peningkatan pada tahap penyebaran sebesar 88,75 dan N-Gain uji cobaI sebesar 0,30 pada kategori sedang meningkat menjadi 0,33 pada kategori sedang pada uji coba II dan pada tahap penyebaran meningkat menjadi 0,62 kategori sedang; 3)Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik menggunakan perangkat pembelajaran dengan model Discovery Learning meningkatditinjau dari:rata-rata nilai posttest uji coba I sebesar 76,88 meningkat menjadi 81,19 pada uji coba II dan mengealami peningkatan pada tahap penyebaran sebesar 84,38 dan N-Gain uji cobaI sebesar 0,31 pada kategori sedang meningkat menjadi 0,33 pada kategori sedang pada uji coba II dan pada tahap penyebaran meningkat menjadi 0,42 kategori sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 511.807 2 Nop p
Keywords: model pembelajaran berbasis model discovery learning; perangkat pembelajaran matematika; kemampuan berpikir kreatif matematis; kemampuan pemecahanmasalah matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Sep 2021 04:36
Last Modified: 09 Sep 2021 04:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43240

Actions (login required)

View Item
View Item