Panjaitan, Elimanasari (2021) PENGARUH MODEL KOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN MULTIREPRESENTASI TERHADAP AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMAN 5 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176176003 COVER.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
2. NIM. 8176176003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
3. NIM. 8176176003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
4. NIM. 8176176003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
5. NIM. 8176176003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
6. NIM. 8176176003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
7. NIM. 8176176003 TABLES.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
8. NIM. 8176176003 APPENDIX.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
9. NIM. 8176176003 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (685kB) | Preview
13. NIM. 8176176003 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
14. NIM. 8176176003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran tipe grup investigation dengan pendekatan Multirepresentasi terhadap aktivitas siswa di kelas eksperimen dan kontrol, (2) pengaruh model pembelajaran tipe grup investigation dengan pendekatan Multirepresentasi terhadap keterampilan berpikir kritis di kelas eksperimen dan kontrol, dan (3) hubungan aktivitas dan keterampilan berpikir kritis dengan model pembelajaran group investigation dengan multirepresentasi.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 5 Binjai Semester II Tahun Pelajaran 2019/ 2020. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Grup Investigation dengan multirepresentasi dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan independent t test dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran group investigation dengan multirepresentasi dan model pembelajaran konvensional dengan penugasan terhadap aktivitas siswa, (2) keterampilan berpikir kritis belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran group investigation dengan multirepresentasi lebih baik daripada pada model pembelajaran konvensional dengan penugasan, dan (3) hubungan aktivitas dan keterampilan berpikir kritis yang dibelajarkan di kelas eksperimen lebih baik daripada di kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.72 Pan p |
Keywords: | Group Investigation; Multirepresentasi; Aktivitas; dan Keterampilan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Sep 2021 03:55 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43235 |