Tampubolon, Junait Tulus Harapan (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SMA NEGERI PANCURBATU MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM POSING. Masters thesis, UNIMED.
1. 081188710048 Cover.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
2. 081188710048 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
3. 081188710048 Abstrak.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4. 081188710048 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
5. 081188710048 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
6. 081188710048 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
7. 081188710048 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. 081188710048 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
9. 081188710048 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 081188710048 Bab V.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
11. 081188710048 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini membahas tentang rendahnya kemampuan penalaran dan komunikasi matematika siswa dan sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan pembelajaran problem posing. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan penalaran matematik siswa yang mendapat pembelajaran dengan problem posing lebih tinggi daripada kemampuan penalaran matematik siswa yang mendapat pembelajaran biasa; (2) Untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang mendapat pembelajaran dengan problem posing lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematik siswa yang mendapat pembelajaran biasa; (3) Untuk mendeskripsikan interaksi antara sikap siswa dan model pembelajaran yang digunakan terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematik siswa; (4) Untuk mendeskripsikan interaksi antara sikap siswa dan model pembelajaran yang digunakan terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa, dan (5) Untuk mendeskripsikan sikap siswa terhadap pembelajaran matematika, pembelajaran dengan problem posing, dan soal-soal yang diberikan.Jenis penelitian ini adalah eksperimental, karena penelitian ini melihat hubungan sebabakibatantarapembelajaran problem posing dengan kemampuan penalaran matematik dan kemampuan komunikasi matematik siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pancurbatu, di kelas X semester genap tahun pelajaran 2012-2013. Yang menjadi variabel bebas adalah pembelajaran dengan problem posingdan pembelajaran biasa, variabel terikat pada penelitian ini adalah kemampuan penalaranmatematiksiswa dan kemampuan komunikasimatematik siswa, sedangkanvariabelkontrolpadapenelitianiniadalahsikapsiswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan penalaran dan komunikasi matematika serta angket tentang sikap siswa dalam pembelajaran matematika. Seluruh instrumen dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematika melalui pembelajaran problem posing yaitu dengan nilai rata-rata 82,83dan 83,17. Jika dibandingkan dengan pembelajaran biasa yaitu 78 dan 77,5. Demikian juga sikap siswa pada masing-masing pembelajaran yaitu rata-rata 3,64 pada pembelajaran problem posing dan 3,42 pada pembelajaran biasa. Kemudian, tidak terdapat interaksi antara sikap siswa dengan pembelajaran yang digunakan terhadap peningkatan kemampuan penalaran dan komunikasi matematik siswa masing-masing sebesar 0,402 dan 0.191.Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran problem posing ternyata dapat diupayakan untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan komunikasi matematika siswa. Penelitian ini juga menyarankan agar guru matematika mencoba menerapkan pembelajaran problem posing pada masing-masing kelas dengan materi yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Tam p |
Keywords: | Penalaran; Komunikasi matematik; Problem posing; Pembelajaran biasa; Sikap siswa; Pembelajaran matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 12 May 2016 18:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4321 |