Saragih, Novita Sari (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Gallery Walk Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bangun Purba Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2163311025 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM 2163311025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (791kB) | Preview
3. NIM 2163311025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
4. NIM 2163311025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
5. NIM 2163311025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
6. NIM 2163311025 TABLES.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
7. NIM 2163311025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
8. NIM 2163311025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (663kB) | Preview
12. NIM 2163311025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
13. NIM 2163311025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran gallery walk terhadap kemampuan menulis teks persuasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bangun purba sebanyak 150 orang. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test. Dalam penelitian ini kelas eksperimen diberi tes kemampuan menulis teks persuasi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran gallery walk. Dari distribusi data yang diperoleh: 1) kelompok Pre-Test memiliki nilai rata-rata = 58,75, standar deviasi = 16,13; dan 2) kelompok Post-Test memiliki nilai rata-rata = 76,67 standar deviasi = 14,21 Hasil perhitungan uji normalitas, diperoleh: 1) kelompok Pre-Test memperoleh harga Lh (Lhitung) = 0,1414 dan Ltabel = 0,161 maka Lhitung< Ltabel = 0,1414< 0,161. Hal ini membuktikan bahwa data Pre-Test berdistribusi normal; 2) kelompok Post-Test memperoleh harga L(Lhitung) = 0,1562dan Ltabel = 0,1560 maka Lhitung< Ltabel = 0,1562< 0,161. Hal ini membuktikan bahwa data Post-Test berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh nilai thitung = 3,86. Setelah thitung diketahui, selanjutnya nilai tersebut dikonsultasikan pada taraf signifikansi α = 0,05 dan n-1= 30-1 = 29 diperoleh ttabel = 2,045. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel yaitu 3,86> 2,045, sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model gallery walk terhadap kemampuan menulis teks persuasi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bangun purba tahun pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Gallery Walk; Kemampuan Menulis Teks Persuasi |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 29 Sep 2021 08:07 |
Last Modified: | 29 Sep 2021 08:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43167 |