Hoiriyah, Diyah (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI MAN 1 PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126171006 Judul.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
2. 8126171006 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
3. 8126171006 Abstrak.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
4. 8126171006 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
5. 8126171006 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
6. 8126171006 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
7. 8126171006 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
8. 8126171006 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
9. 8126171006 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 8126171006 Bab V.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
11. 8126171006 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang memperoleh pembelajaran langsung, (2) peningkatan Self-Efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang memperoleh pembelajaran langsung, (3) proses penyelesaian jawaban siswa saat menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah pada masing-masing pembelajaran, (4) respon siswa terhadap pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pre-test-post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa MAN 1 Padangsidimpuan yang berjumlah 649 siswa, sedangkan sampelnya terdiri 39 siswa pada kelas X-4 sebagai kelas eksperimen dan 37 siswa pada kelas X-5 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematik, angket Self-Efficacy siswa dan lembar observasi kegiatan pembelajaran siswa. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi dengan koefisien reliabilitas 0,878 untuk tes kemampuan pemecahan masalah matematik dan 0,940 untuk angket Self-Efficacy. Pengujian hipotesis statistik dalam penelitian ini menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran langsung, (2) peningkatan Self-Efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran langsung. Hasil rerata peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika yang diberi pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran langsung masing-masing sebesar 0,82 dan 0,47, dan rerata peningkatan Self-Efficacy siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran langsung masing-masing sebesar 0,73 dan 0,60. Hasil penelitian lainnya menunjukkan bahwa: (3) proses penyelesaian jawaban siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah lebih baik dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematik dibandingkan dengan siswa yang diberi pembelajaran langsung dan (4) respon siswa terhadap pembelajaran berbasis masalah menunjukkan respon positif. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar pembelajaran berbasis masalah dijadikan alternatif bagi guru untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik dan Self-Efficacy siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Hoi p |
Keywords: | Pembelajaran langsung; Self efficacy; Respon siswa; Pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 Jun 2016 01:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4315 |