PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KONEKSI MATEMATIK SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SMP SWASTA TARBIYAH ISLAMIYAH

Ningsih, Sri Yunita (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KONEKSI MATEMATIK SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SMP SWASTA TARBIYAH ISLAMIYAH. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8126171034 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8126171034 Judul.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8126171034 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8126171034 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (671kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8126171034 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8126171034 Abstrak.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8126171034 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8126171034 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8126171034 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8126171034 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8126171034 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8126171034 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8126171034 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8126171034 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8126171034 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8126171034 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8126171034 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8126171034 Bab I.pdf - Published Version

Download (934kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8126171034 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8126171034 Bab V.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8126171034 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8126171034 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan koneksi matematik siswa di SMP Swasta Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak pada materi kubus dan balok melalui pendekatan matematika realistik. Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan yang diperoleh, siswa diberikan tes kemampuan pemahaman konsep dan koneksi matematik. Peningkatan kemampuan pertama kali dianalisis menggunakan rumus gain ternormalisasi untuk kemudian diolah menggunakan rumus ANAVA dua jalur. Rumus ANAVA dua jalur juga digunakan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan koneksi matematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan koneksi matematik siswa yang diajarkan melalui pendekatan matematika realistik lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep dan koneksi matematik siswa yang hanya diajarkan melalui pembelajaran biasa, (2) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa, dan (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Nin p
Keywords: Koneksi matematik; Matematika realistik; Pembelajaran biasa; Model pembelajaran; Pemahaman konsep
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 04 Jun 2016 04:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4314

Actions (login required)

View Item
View Item