Ningsih, Sri Yunita (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KONEKSI MATEMATIK SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SMP SWASTA TARBIYAH ISLAMIYAH. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126171034 Judul.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. 8126171034 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (671kB) | Preview
3. 8126171034 Abstrak.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4. 8126171034 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
5. 8126171034 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. 8126171034 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. 8126171034 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
8. 8126171034 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
9. 8126171034 Bab I.pdf - Published Version
Download (934kB) | Preview
10. 8126171034 Bab V.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
11. 8126171034 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan koneksi matematik siswa di SMP Swasta Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak pada materi kubus dan balok melalui pendekatan matematika realistik. Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan yang diperoleh, siswa diberikan tes kemampuan pemahaman konsep dan koneksi matematik. Peningkatan kemampuan pertama kali dianalisis menggunakan rumus gain ternormalisasi untuk kemudian diolah menggunakan rumus ANAVA dua jalur. Rumus ANAVA dua jalur juga digunakan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan koneksi matematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan koneksi matematik siswa yang diajarkan melalui pendekatan matematika realistik lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep dan koneksi matematik siswa yang hanya diajarkan melalui pembelajaran biasa, (2) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa, dan (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Nin p |
Keywords: | Koneksi matematik; Matematika realistik; Pembelajaran biasa; Model pembelajaran; Pemahaman konsep |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 04 Jun 2016 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4314 |