Sitanggang, Wasti (2020) Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Parlilitan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2163311039 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM 2163311039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (655kB) | Preview
3. NIM 2163311039 ABSTRACT..pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
4. NIM 2163311039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
5. NIM 2163311039 TABLE OF CONTENTS..pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
6. NIM 2163311039 TABLES .pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
7. NIM 2163311039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
11. NIM 2163311039 CHAPTER V.docx.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
12. NIM 2163311039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Parlilitan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Parlilitan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Untuk penelitian tersebut, diambil sampel 40 % dari tiap kelas yang jumlah keseluruhan nya menjadi 53 siswa melalui teknik proportional random sampling. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Intrumen penelitian yang digunakan adalah tes menulis teks persuasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Parlilitan dalam menulis teks persuasi tergolong ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 80. Hasil ini diperoleh berdasarkan aspek penilaian berupa aspek struktur yang memperoleh nilai rata-rata (80) dengan kategori baik, aspek kebahasaan memperoleh nilai rata-rata (80) dengan kategori baik. Berdasarkan tabel distribusi presentase nilai kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Parlilitan menunjukkan pada kategori sangat baik (11,32%), kategori baik (66,04%) kategori cukup (22,64%) dan kategori kurang (0%). Melalui penelitian ini diharapkan guru bahasa Indonesia dapat mengetahui kemampuan siswa terkhususnya dalam menulis teks persuasi. Setelah mengetahui kemampuan siswa maka, guru dapat lebih meningkatkan efektivitas pembelajajaran menulis teks persuasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan menulis; Teks persuasi |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 10 Sep 2021 21:47 |
Last Modified: | 10 Sep 2021 21:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43139 |