Anita, Isna Vivi (2020) Efektivitas Media Pembelajaran Monosa Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2153111019 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 2153111019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (596kB) | Preview
3. NIM. 2153111019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
4. NIM. 2153111019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
5. NIM. 2153111019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
6. NIM. 2153111019 TABLES.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
7. NIM. 2153111019 DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
8. NIM. 2153111019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
9. NIM. 21531111019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
13. NIM. 2153111019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
14. NIM. 2153111019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Media Pembelajaran
Monopoli Bahasa (Monosa) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa
Kelas VII SMP Negeri 1 Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian
ini merupakan penelitian eksperimen yaitu menggunakan media pembelajaran
Monosa kemudian mengetahui efektivitasnya dari instrumen yang telah dibagikan
kepada siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1
Batang Kuis yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah 364 orang. Dari jumlah
tersebut ditetapkan sampel sebanyak 74 orang yaitu kelas VII-6 sebagai kelas
eksperimen berjumlah 36 orang dan kelas VII-4 sebagai kelas kontrol berjumlah
38 orang. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah post-test only design. Instrumen yang
digunakan pada penelitian ini adalah karangan teks deskripsi siswa pada kelas
eksperimen yang menggunakan media pembelajaran monosa dan karangan teks
deskripsi siswa pada kelas kontrol tanpa menggunakan media monosa. Dari hasil
analisis data diketahui bahwa media pembelajaran Monosa lebih efektif terhadap
kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Kuis.
Dalam hal ini diperoleh nilai dengan rata-rata di kelas eksperimen adalah 72,76
dan nilai rata-rata pada kelas kontrol adalah 57,95. Berdasarkan uji normalitas,
hasil kelas kontrol berdistribusi normal, yaitu Lhitung < Ltabel (0,1265 < 0,1437), dan
kelas eksperimen juga berdistribusi normal, yaitu Lhitung < Ltabel (0,1105 < 0,1467).
Kemudian berdasarkan uji homogenitas terbukti bahwa sampel dalam penelitian
ini berasal dari populasi yang homogen dengan X2
hitung < X2
tabel yaitu 13,864 <
43,800. Selanjutnya dilihat dari pengujian hipotesis bahwa hipotesis penelitian ini
diterima dengan thitung > ttabel yaitu 5,01 > 2,04 yang membuktikan bahwa media
pembelajaran Monosa efektif terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa
kelas VII SMP Negeri 1 Batang Kuis tahun pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Monopoli Bahasa (Monosa; Teks Narasi |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 10 Sep 2021 21:47 |
Last Modified: | 10 Sep 2021 21:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43138 |