Aripay (2021) Model Manajemen Pembinaan Karakter Pendidik di SMP Muhammadiyah Kota Medan. Doctoral thesis, UNIMED.
1. NIM 8146114010 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM 8146114010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
3. NIM 8146114010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
4. NIM 8146114010 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
5. NIM 8146114010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM 8146114010 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 8146114010 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 8146114010 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 8146114010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (783kB) | Preview
13. NIM 8146114010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (497kB) | Preview
14. NIM 8146114010 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian untuk: (1) menemukan model manajemen pembinaan karakter pendidik di SMP Muhammadiyah Kota Medan; dan (2) mengetahui keefektifan model manajemen pembinaan karakter pendidik dalam meningkatkan karakter guru-guru SMP Muhammadiyah sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah di Kota Medan. Waktu penelitian direncanakan mulai Januari 2018 – Januari 2021. Penelitian ini adalah penelitian riset dan pengembangan, yaitu meneliti lalu hasil penelitian tersebut dikembangkan guna memperbaiki program yang sudah ada sebelumnya. Subjek penelitian adalah guru di SMP Muhammadiyah Kota Medan. Hasil penelitian menunjukkan model manajemen pembinaan karakter terbukti efektif dan efisien meningkatkan karakter pendidik di SMP Muhammadiyah dengan: (1) terjadi peningkatan karakter religius pada pendidik di SMP Muhammadiyah sebesar 29,74%, yaitu dari 58,97% menjadi 88,71%; (2) terjadi peningkatan karakter cinta ilmu pada pendidik di SMP Muhammadiyah sebesar 59,49%, yaitu dari 33,33% menjadi 92,82%; (3) terjadi peningkatan karakter mampu bekerja sama pada pendidik di SMP Muhammadiyah sebesar 34,36%, yaitu 53,84% menjadi 88,20%; dan (4) terjadi peningkatan karakter peduli pada pendidik di SMP Muhammadiyah sebesar 42,05%, yaitu 42,05% menjadi 84,10%. Untuk menjamin ketercapaian pembinaan karakter pendidik, peneliti mempersiapkan buku pedoman penyelenggaraan pembinaan karakter pendidik di lingkungan sekolah. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bahwa pembinaan nilai-nilai karakter al-islam kemuhammadiyahan bagi pendidikan di SMP Muhammadiyah Kota Medan harus dibarengi dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang terpadu antara pihak majelis persyarikatan dengan kepala sekolah. Selain itu perlu menjadi pemikiran untuk membentuk pengawas sekolah persyarikatan Muhammadiyah yang berasal dari kepala sekolah berprestasi.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 373 Ari m |
Keywords: | Pembinaan karakter pendidik; Islam kemuhammadiyahan |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5549 Personnel management. Employment management L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 10 Aug 2021 08:05 |
Last Modified: | 10 Aug 2021 08:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43120 |