Kunanti, Echa Surya (2021) Pengaruh Media Pembelajaran Pop Up Book Dan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8196182002 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM 8196182002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
3. NIM 8196182002 AVSTRACT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4. NIM 8196182002 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
5. NIM 8196182002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
6. NIM 8196182002 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
7. NIM 8196182002 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 8196182002 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM 8196182002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (546kB) | Preview
13. NIM 8196182002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
14. NIM 8196182002 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1). Mengetahui hasil belajar IPS siswa yang diajarkan dengan media pop up book lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar IPS siswa yang diajarkan dengan media poster di kelas V, (2). Mengetahui hasil belajar IPS siswa yang berfikir kritis tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar IPS siswa yang berfikir kritis rendah di kelas V, (3). Mengetahui interaksi antara penggunaan media pembelajaran pop up book, poster dan berfikir kritis terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Eksperimental Method). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V. Rancangan penelitian menggunakan rancangan faktorial 2 x 2 dengan teknik analisıs data (ANAVA) dua jalur.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1). Hasil uji Anava 2x2 diketahui nilai F= 41.048 dengan harga sig= 0,000, sehingga disimpulkan bahwa hasil belajar hasil belajar IPS siswa yang diajarkan dengan media pop up book lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar IPS siswa yang diajarkan dengan media poster. (2). Hasil uji Anava 2x2 diketahui nilai F= 45.250 dengan harga sig=0,000, sehingga disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa yang berfikir kritis tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar IPS siswa yang berfikir kritis rendah. (3). Hasil uji Anava 2x2 interaksi antara penggunaan media pembelajaran pop up book, poster dan berfikir kritis terhadap hasil belajar IPS siswa diketahui bahwa F= 4,586 dengan harga sig=0,038, sehingga disimpulkan bahwa terdapat interaksi antara penggunaan media pembelajaran pop up book, poster dan berfikir kritis terhadap hasil belajar IPS siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.8 Kun p |
Keywords: | Media Pembelajaran; Pop Up Book; Berfikir Kritis; Hasil Belajar IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 10 Aug 2021 03:29 |
Last Modified: | 10 Aug 2021 03:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43102 |