Marbun, Syahraini (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Jerman Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sibolga. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176122023 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 8176122023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
3. NIM 8176122023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. NIM 8176122023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
5. NIM 8176122023 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
6. NIM 8176122023 TABELS.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM 8176122023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
8. NIM 8176122023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
9. NIM 8176122023 BAB I.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
13. NIM 8176122023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 8176122023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui kelayakan media game edukasi berbasis problem based learning pada pembelajaran bahasa Jerman (2) untuk mengetahui efektivitas penggunaan media game edukasi berbasis problem based learning pada materi bahasa Jerman. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ASSURE dan dikombinasikan dengan model desain pembelajaran Dick and Carey. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X di Sekolah Menegah Atas Negeri 1 Sibolga. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian dari 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan media game edukasi berbasis problem based learning dan 30 siswa sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Youtube. Hasil uji hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pembelajaran bahasa Jerman siswa yang diajar dengan menggunakan media game edukasi berbasis problem based learning dengan siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Youtube. Hal ini ditunjukkan oleh perolehan data yaitu thitung = 11.27 pada tingkat signifikan 0.05 melalui interpolasi ttabel 1.695. Disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran game edukasi berbasis problem based learning lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Youtube.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Mar p |
Keywords: | game edukasi; Youtube; hasil belajar; bahasa Jerman |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > PT Germanic literature |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Aug 2021 10:08 |
Last Modified: | 09 Aug 2021 10:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43096 |