Matanari, Ery Kristina (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Explict Instruction Terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Swasta Nurul Iman Tanjungmorawa Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2163111016 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 2163111016 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (606kB) | Preview
3. NIM 2163111016 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
4. NIM 2163111016 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5. NIM 2163111016 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
6. NIM 2163111016 TABELS.pdf.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
7. NIM 2163111016 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM 2163111016 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (614kB) | Preview
12. NIM 2163111016 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
13. NIM 2163111016 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran explicit instruction terhadap kemampuan menulis teks biografi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Nurul Iman Tanjungmorawa yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa 112 orang. Dari jumlah tersebut ditetapkan sampel sebanyak 32 orang. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Instrumen atau alat pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes membuat sebuah teks biografi. Dari distribusi data yang diperoleh: 1) kelompok pre-test memiliki nilai rata-rata 65,78 dengan standar deviasi 19,61; dan 2) kelompok post-test memiliki nilai rata-rata 82,56 dengan standar deviasi 16,238. Hasil perhitungan uji normalitas diperoleh: 1) kelompok pre-test memperoleh harga Lhitung = 0,1275 dan Ltabel = 0,1566 maka Lhitung < Ltabel = 0,1275 < 0,1566. Hal ini membuktikan bahwa data pre-test berdistribusi normal. 2) kelompok post-test memperoleh harga Lhitung = 0,1455 dan Ltabel = 0,1566 maka Lhitung < Ltabel = 0,1455 < 0,1566. Hal ini membuktikan bahwa data post-test berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahui to sebesar 3,67 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t dengan taraf signifikan = 0,05 dengan df = N-1, df = 32-1 = 31 pada taraf nyata = 5% maka diperoleh ttabel = 2,040. Dikarenakan thitung > ttabel yaitu 3,67> 2,040, sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran explicit instruction terhadap kemampuan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Swasta Nurul Iman Tanjungmorawa tahun pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran explicit instruction; menulis teks biografi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 02 Aug 2021 03:59 |
Last Modified: | 02 Aug 2021 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43048 |